Penyakit Sawan Membuat Tangan Rosyd Nasution Warga Mompang Jae Membusuk

“Beginilah kondisi Rosyd Nst warga Mompang Jae yang menderita penyakit Sawan bersama Anggota DPRD Sahbana Hasibuan saat menjenguk.

Panyabungan.StArtNews-Penyakit Sawan ternyata bisa membawa dampak yang cukup fatal terhadap penderitanya, di Kelurahan Mompang Jae, Kecamatan Panyabungan Utara Kabupaten  Mandailing Natal, Sumatera Utara. Akibat penyakit Sawan yang diderita Rosyd  Nasution, tangan kanannya menjadi korban karena setiap hari digaruk-garuk sehingga tangan kanan Rosyd  Nasution membusuk.

Awalnya dari penuturan Keluarga Rosyd , ketika penyakit Sawannya kambuh, tangan kanan Rosyd  menjadi sasaran. Tangan kiri Rosid akan menggaruk tangan kanannya hingga terluka. Mulanya luka akibat garuka tersebut hanya kecil, namun selama bertahun tahun penyakit Sawan Rosyd  tak kunjung sembuh membuat tangan Rosyd  menjadi korbannya bahkan kondisi tangannya saat ini sudah mulai membusuk diduga akibat infeksi.

Ketiadaan biaya berobat ke Rumah Sakit membuat kelaurga Rosyd  hanya mengandalkan obat kampung saja, namun kondisi penyakit Rosyd tak kunjung sembuh-sembuh. Penyakit Sawan Rosid sendiri memang dibawa sejak kecil, kondisi terparah dialaminya sejak menikah dan memiliki 4  orang anak.

Penyakit Sawan adalah gejala aneh yang menyerang anak kecil yang disebabkan oleh perilaku si Ibu yang menyusui anaknya, biasanya ciri-ciri penyakit Sawan ini si anak akan menangis rewel dan suhu tubuhnya meningkat dari normal. Apabila penyakit ini dibiarkan, akan berdampak sampai pada dewasa hingga usia lanjut.

Akibat kondisi penyakit Rosyd  Nasution, seorang Anggota DPRD Mandailing Natal Sahbana Hasibuan pun mengunjunginya, Sahbana anggota DPRD Mandailing Natal dari Partai Amanat Nasional itu pun menampung keluhan keluarga Rosyd  yang berharap ada belas kasihan Pemerintah untuk membawa Rosyd  Kerumah Sakit .

Kepada StArtNews, Sahbana Hasibuan di Gedung DPRD Mandailing Natal mengatakan, Dinas Kesehatan Kabupaten Mandailing Natal seharusnya jemput bola, karena penyakit seperti ini sangat enteng terlihat namun dampaknya sangat menyakitkan.

Sahbana mengaku kaget saat berkunjung  ke rumah Rosyd  Nasution, saat melihat tangan kanan Rosyd  nasution yang sudah mulai membusuk karena setiap hari digaruk olehnya, apalagi saat penyakit Sawannya kambuh, sekujur tubuh Rosyd  akan digaruk-garuknya,Sahbana khawatir apabila dibiarkan, penderitaan Rosyd  tidak akan usai karena infeksi akibat garukan tersebut sudah mulai membusuk dan menjalar ke sekujur tubuh.

Shaban Hasibuna berharap, Dinas Kesehatan Mandailing Natal menjenguk Roasyd dan membawanya ke rumah Sakit untuk mendapat pengobatan, karena jelas, kemiskinan menjadi salah satu alas an keluarga Rosyd tidak mampu membawanya berobat ke Rumah Sakit.

Reporter : Sakban Azhari

Editor : Hanapi Lubis

 

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...