Permintaan Bibit Kopi Arabika Mandailing Meningkat

 

Bibit Kopi Arabika Mandailing Sumatra siap diantar ke masyarakat, dimana permintaan meningkat.

Bibit Kopi Arabika Mandailing Sumatra siap diantar ke masyarakat, dimana permintaan meningkat.

Panyabungan. StArtNews – Dengan terbitnya hak paten Kopi Arabika Sumatra Mandailing, menimbulkan semangat baru ditengah masyarakat di Kabupaten Mandailing Natal. Salah satu contohnya permintaan akan bibit kopi terus meningkat.

Hal itu sesuai dengan pengakuan Darmin sebagai pembibit kopi berserifikat di Desa Hutanamale Kecamatan Puncak Sorik Marapi kepada wartawan, Selasa (15/11).

Darmin mengatakan, bahwa geliat untuk bertanam Kopi Arabika Mandailing semakin terasa. Sehingga dirinya sebagai pembibit sekaligus petani ikut merasa bersemangat.

“Alhamdulilah dalam bebarapa pekan ini banyak, masuk kepada kita permintaan akan bibit kopi bersertifikat. Makanya kita yakin ketika ini terus menjadi trend di tengah masyarakat, tiga tahun kedepan akan mampu meningkatkan pereknomian masyarakat” ujarnya.

Sekretaris MPIG Ahmad Gusti Ray membenarkan animo masyarakat semakin meningkat apalagi setelah diterimanya hak Indikasi Geografis (IG) atau hak paten Kopi Arabika Mandailing itu.

Dijelaskannya, hal tersebut bukan tanpa sebab karena masyarakat terpuruk dengan rendahnya harga getah karet sebagai komoditi andalan selama ini. Jadi ada semacam solusi yang dirasakan oleh masyarakt.

“Saya melihat ada peningkatan, dijadikan sebagai komoditi alternatif akibat merosotnya harga karet, sampai ada desa yang mengalokasikan dana desa untuk pembibitan Kopi Arabika, di Desa Simpang Duhu Lombang” ujarnya.

Bahkan masyarakat yang tidak memenuhi syarat untuk pertanaman Kopi Arabika meminta untuk penanaman bibit kopi tersebut. “Inilah yang kita lihat semangat baru muncul, meskipun lahan tidak memenuhi syarat, namun begitupun kita sarankan untuk Kopi Robusta” ungkapnya. (Z Ray)

Reporter : Z Ray

Editor : Hanapi Lubis 

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...