Pernikahan Membutuhkan Kesiapan Mental, Finansial dan Pengetahuan

Panyabungan,StArtNews- Sebelum memasuki jenjang pernikahan, dibutuhkan kesiapan mental, finansial dan pengetahuan.

Calon penganten perlu mengetahui cara mewujudkan keluarga bahagia, sehat dan berkualitas yang didasari iman dan Islam, serta mereka mampu mengatasi berbagai konflik yang muncul dalam rumah tangga.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Mandailing Natal, Drs. Muksin Batubara, M.Pd saat membuka Rapat Koordinasi Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan Bagi Calon Pengantin, Kamis, (28/9).

Hadir juga dalam kegiatan ini, Kasi Bimas Islam, Ahmad Zainul Khobir Batubara, MM dan seluruh Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Se-Kabupaten Mandailing Natal bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kab. Mandailing Natal.

Dikatakan Kakan Kemenang, masalah pernikahan dan keluarga sangat bercorak dan beragam, mulai dari hal sepele sampai dengan masalah yang sangat rumit.  Mulai dari pertengkaran kecil sampai kepada gugatan perceraian. Kemudian, ada banyak faktor yang melatar belakangi pernikahan terkadang tidak seindah yang diinginkan.

Lebih lanjut, Muksin Batubara menyampaikan, bahwa Program Bimbingan Perkawinan merupakan wujud nyata kesungguhan Kementerian Agama dalam mewujudkan keharmonisan dalam berumah tangga.

Sementara itu Kasi Bimas Islam, Ahmad Zainul Khobir Batubara, MM mengatakan, bahwa pelaksanaan Rakor ini sebagai tindak lanjut dari Rapat Koordinasi Seksi Pemberdayaan KUA Bidang Bimas Islam dan Binsyar Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Utara pada hari Jumat lalu di Medan. Tindak lanjut dari pelaksanaan Keputusan Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Nomor : 373 Tahun 2017 tentang Petunjuk Tekhnis Bimbingan Perkawinan Bagi Calon Pengantin.

Khobir juga menekankan bahwa dengan pelaksanaan Program Bimbingan Perkawinan ini, diharapkan ketahanan keluarga menuju keluarga sakinah dapat terwujud, dan para calon memiliki kemampuan dan ketrampilan dalam menghadapi berbagai masalah dalam keluarga.

Reporter : Lokot Husda

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...