Peserta BPJS Madina 225 Ribu Jiwa, Pemkab Harus Gandeng RS Swasta

Panyabungan.StArtNews-Pasien rawat inap maupun kunjungan pasien rawat jalan peserta Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) di rumah sakit umum Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal meningkat pesat, boleh dibilang membludak.

Penyebab membludaknya pasien di rumah sakit (RS) Panyabungan antara lain disebabkan karena hanya rumah sakit pemerintah saat ini yang menangani peserta BPJS.

Pantauan StArtNews di Rumah Sakit Umum Panyabungan, Rabu (11/1), ruang inap tampak penuh, begitu juga dengan pasien rawat jalan.

Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal diharapkan bisa bekerja sama dengan Rumah Sakit swasta untuk menangani peserta BPJS Kesehatan yang kini jumlahnya ratusan ribu jiwa.

Pasalnya, bila hanya ditangani oleh rumah sakit pemerintah saja dikhwatirkan tidak bisa tertangani. Oleh karenanya, pemerintah dalam hal ini perlu mengambil solusi agar tidak ada pasien yang terlantar, sehingga masyarakat dapat pelayanan terbaik.


Bayangkan saja, jumlah peserta BPJS Kesehatan yang terdaftar di kantor BPJS sudah mencapai sekitar 60 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Mandailing Natal.

Menurut Kepala Kantor Layanan Operasional Kabupaten, Juanda Raditio kepada StArtNews di ruang kerjanya, Jln Willem Iskander, Panyabungan, bahwa peserta  BPJS sudah mencapai sekitar 225 ribu jiwa yang sudah terdaftar di kantor BPJS Kesehatan.

Reporter : Zein Nasution

Editor : Hendra Ray

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...