Peserta Syarhil Qur’an Sumut Dipastikan Masuk Final

Medan, StArtNews- Peserta nomor 026 cabang Syarhil Quran dari Provinsi Sumatera Utara (Sumut) pada MTQ Nasional ke 27 tahun 2018 di UINSU Sutomo dipastikan masuk final dengan perolehan skor 90,17. Dimana babak final akan dilakukan 11/10 dengan diikuti 6 peserta untuk tiga golongan puteri dan tiga peserta gologan putera dengan penentuan peserta dari perolehan skor tertinggi dari 65 peserta yang telah tampil selama empat hari.

Ketua Dewan Hakim Majelis bidang Syarhil Quran, Prof Dr H Ahmad Rofiq MA, mengatakan, untuk peserta yang akan masuk babak final dipilih 6 peserta dengan skor tertinggi. “Pengumuman peserta yang masuk final dilakukan Rabu malam di arena utama MTQ Nasional Jln Pancing Medan,” ujarnya kepada wartawan usai penilaian.

Dijelaskannya, penilaian masing-masing peserta dilakukan oleh masing-masing dewan hakim yang membidangi yakni pensyarah, qari dan saritilawa yakni dengan melihat ekspresi, intonasi, pengkhayatan kemudian penyampaian isi materi, kefasihan membaca Al Quran dan puisinya.

“Jadi setiap bidang ada dewan jurinya dengan penilaian selisih interval dibatasi 2 angka untuk menghindari subjektivitas dan sistem ini sudah mengatur,” jelasnya.

Sementara untuk materi yang akan dibawa para finalis, menurut Prof Rofiq, akan berbeda dari materi yang telah dibawa sebelumnya.
“Sejak awal sudah diumumkan kepada peserta kalau nanti dalam babak final materi akan diganti oleh panitia. Bahkan kami juga mengusulkan untuk final nanti, peserta yang belum tampil jangan menonton peserta yang lain guna menghindari plagiat. Tapi kalau sudah tampil silahkan untuk menontonnya,” kata Prof Rofiq.

Ia juga mengatakan, peningkatan cabang Syarhil Quran setiap tahunnya pada MTQ Nasional terus mengalami peningkatan. “Tapi harapannya dengan tema yang diusung mewujudkan revolusi mental menuju insan yang Qurani, bagaimana semua daerah dapat menyiapkan dan mencetak generasi muda yang mencintai seluruh bidang perlombaan MTQ. Karena selama ini banyak yang ikut menjadi peserta memang sudah ahli dibidang berkaitan,” terangnya.

Sementara penilaiannya tentang pelaksanaan MTQ nasional tahun 2018 di Kota Medan, Prof Rofiq, secara umum cukup baik meski titik lokasi masing-masing cabang lomba agak berjauhan.
“Karena titik lokasi jauh banyak juga kafilah tidak bisa melihat-lihat cabang lomba yang lain,” tuturnya.

Reporter: Zein Nasution

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...