Petani Kakao Madina Kesulitas Mengatasi Hama PBK dan Lumut

Seorang petani Kakao di Madina menunjukan serangan hama Lumut dan poto buah Kakao sudah terkena serangan PBK

Seorang petani Kakao di Madina menunjukan serangan hama Lumut dan poto buah Kakao sudah terkena serangan PBK

Panyabungan (Start News) – Para petani Kakao di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) kesulitan dalam membasmi hama penyakit penggerek buah kakao (PBK) dan hama lumut. Sebab sangat berpengaruh terhadap penurunan hasil panen.

Hal itu disampaikan seorang petani kakao Agus Salim kepada wartawan, Jum’at 23 September 2016 di Panyabungan.

Disebutkan, serangan kedua hama tersebut sudah menjadi hama yang paling meresahkan bagi mereka. Apalagi PBK langsung menyerang terhadap buah hingga tembus pada biji dan dapat menyebabkan buah menjadi busuk.

“Pada awalnya buah yang belum matang akan berwarna kekuningan, padahal belum waktunya panen. Itu tandanya sudah terkena PBK otomatis buah akan lengket, bahkan biji akan mengkerut” demikian cerita Agus Salim.

Bahkan, katanya mutu dari biji kakao akan menjadi rendah harga jual akan menurun drastis. Hama tersebut juga bisa menular kepada buah lainnya yang ada pada pohon lainnya. Karena sekali menetas PBK tersebut bisa ribuan ekor.

“Hama ini paling ganas menyerang langsung, makanya kita berharap ada pakar memberikan solusi dalam mengatasi serangan PBK. Agar tanaman kakao bias selamat” katanya.

Sementara hama lumut dijelaskannya terlihat akan menyerang pada batang Kakao hingga tidak akan terjadi bunga pada batang. Akibat sudah ditutupi lumut tersebut, padahal pertumbuhan buahnya lebih bagus dari batang.

“Memang serangan hama lumut itu pada saat usia tanaman setengah tua, dimana kita peridiksi berawal dari rimbunnya daun, maupun pelindung kakao, sehingga tanah akan lembab memancing pada pertumbuhan lumut” ujarnya.

Agus Salim berharap Sedangkan jika lumut sudah menutupi batang kering dan keropos. “Bila ini sudah terjadi sudah bias kita perkirakan bunga maupun buah tidak akan tumbuh dari batang. Untuk itu kita harapkan adanya penyuluhan dalam mengatasi kedua hama”.

Sumber : Harian Andalas.com

Manager Program & Pemberitaan : Hendra Ray

Admin : Ade

 

 

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...