Petani Sibio-Bio Kotanopan Nikmati Jalan Sentra Produksi

Kotanopan, StArtNews- Masyarakat petani karet dan gula aren di Desa Sibio-bio Kecamatan Kotanopan Kab. Mandailing Natal (Madina) menikmati jalan rabat beton menuju sentra produksi yang dibangun melalui program Dana Desa (DD).

Warga desa Sibio-bio berjumlah sekitar 80 KK, dengan 450 jiwa pada umumnya berprofoesi sebagai petani karet dan gula aren itu sudah lama mendambakan jalan yang bisa dilalui kenderaan meskipun hanya roda dua. Selama ini, jalan ke usaha tani mereka hanya jalan tikus.

“Alhamdulillah dengan adanya pembangunan jalan rabat beton langsung ke lokasi kebun memudahkan kita untuk berusaha menderes maupun mengambil air nira, ” ujar Maas tokoh masyarakat, Senin (26/2).

Katanya selama ini mereka hanya bisa berjalan kaki untuk ke kebun, namun saat ini sudah bisa langsung naik kenderaan. “Hasil komoditi bisa dibawa dengan kenderaan, tidak dipundak lagi, “ujarnya.

Sulaiman Nasution Kaur Pembangunan di desa itu mengatakan untuk tahun 2017 dibangun jalan rabat beton Aek Natabo sepanjang 419 meter menuju lokasi perkebunan Aek Sibatu. Sedangkan yang kedua juga pembangunan rabat beton menuju daerah Simangonding dengan panjang 313 meter.

“Tentunya sebelum dimulai pembangunan jalan dilakukan melalui hasil musyawarah desa dan hampir separuh masyarakat menggunakan jalan menuju lokasi usaha. Kedua jalan rabat beton ini sudah siap dikerjalan,” ungkapnya.

Reporter : Lokot Husda

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...