Program Emas di Kabupaten Mandailing Natal Ditutup

program-emas-di-kabupaten-mandailing-natal-ditutup

Panyabungan.StArtNewsDinas Kesehatan Kabupaten Mandailing Natal adakan acara silaturrahmi sekaligus penutupan program Expanding Maternal And Neonatal Survival atau disebut dengan program “Emas” di Kabupaten Mandailing Natal, Kamis (15/12) di lapangan parkir Kantor Dinas Kesehatan, kompleks perkantoran Paya Loting, Panyabungan.

Tampak hadir dalam acara penutupan program emas tersebut antara lain Ketua TP. PKK Mandailing Natal Ny. Ika Desik Dahlan Hasan Nasution bersama pengurus, Sekretaris Daerah Drs. HM Safe’i Lubis, Elly Mahrani yang juga istri Wakil Bupati Mandailing Natal dan Kepala Puskesmas se-Mandailing serta undangan lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Mandailing Natal drg. Ismail Lubis saat melaporkan program emas yang berjalan selama ini menyampaikan, bahwa program emas ini lebih akrab disebut sebagai program penyelamatan ibu melahirkan dan bayi baru lahir di Mandailing Natal.

Program emas ini merupakan program kerjasama Kementerian Kesehatan dengan lembaga donor USAID dimana dalam pelaksanaannya program dijalankan oleh sebuah konsorsium yang terdiri dari lembaga luar dan dalam negeri.

Pimpinan Tim Emas Provinsi Sumatera Utara Fatni Sulani menyampaikan bahwa program emas ini ada di 5 Kabupaten/Kota di Sumatera Utara dan program tersebut bergulir secara bertahap, di Kabupaten Mandailing Natal program emas mulai sejak April 2015 sampai sekarang. Tingkat kematian ibu dan bayi yang baru lahir di Mandailing Natal sejak adanya program ini katanya menurun sampai 90 persen.

Dia juga berharap, setelah program emas ini ditutup di Kabupaten Mandailing Natal, maka pihak Provinsi menyerahkan program emas tersebut ke Pemkab Mandailing Natal untuk melanjutkannya.

Reporter : Zein Nasution

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...