Rambin Saba Bolak Tolang Diperbaiki

Ulu Pungkut, StArtNews Rambin (Titi Gantung)  desa Tolang Kec. Ulu Pungkut Kab. Mandailing Natal diperbaiki. Selama ini kondisi Rambin tersebut rusak parah karena termakan usia.

Informasi yang dihimpun StArtNews di lapangan, Selasa (13/2) mengatakan,  selama dua tahun terakhir Rambin ini tidak bisa lagi digunakan warga. Papan dan kayu penyokong bagian bawah sudah lapuk. Untuk sementara, kalau warga ingin menyeberang terpaksa dari sungai.

Kepala Desa Tolang, Abdul Mubin yang dihubungi mengakui kalau rambin di desanya diperbaiki.  Sedangkan sumber dananya berasal dari Dana Desa tahun 2017 dengan jumlah anggaran sekitar Rp.130.000.000. Saat ini pengerjaannya sudah mencapai 90 persen.

Dikatakannya, perbaikan rambin ini dilakukan dengan plat besi. “Awalnya memang rambin ini semuanya terbuat dari kayu,  jadi perbaikan tahun ini akan diganti semuanya dengan plat besi dengan harapan daya tahannya akan lebih lama. Tidak berapa lama lagi pengerjaanya akan tuntas,” ujar Kepala Desa.

Abdul Razet Batubara, salah seorang tokoh masyarakat Tolang yang dimintai komentarnya menyambut baik perbaikan rambin ini. Pasalnya, selama ini kalau warga ingin menyeberang terpaksa dari Sungai. Dengan dibangunnya kembali Rambin ini tentunya sangat memudahkan warga ke tempat usahanya.

Hal yang sama juga dikatakan Sarhan Lubis, diperbaikinya rambin ini tentunya sangat bermanpaat bagi warga. Pasalnya selama ini rata-rata lokasi  usaha warga mulai dari sawah dan  kebun berada di seberang sungai.  Jadi perbaikan rambin ini sangat berarti bagi warga.

Reporter : Lokot Husda

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...