Renungan: Saat Kita Dipandang Baik oleh Orang Lain, Saat Itulah Allah Menutup Aib Kita

DakwahRenungan ~ Siapa yang tahu aib kita selain Allah swt., dan tentunya diri kita sendiri? tentu tidak ada. Begitu sempurnanya Sang Maha Pencipta, Yang Maha Segala-galanya, Dia mengetahui berbagai macam aib kita, tetapi Dia jugalah yang menutupi aib kita, Subhanallah, Alhamdulillah.
Mungkin sekarang, kita boleh lega, karena aib kita tidak ada yang mengetahuinya. Selama kita selalu berusaha untuk menjadi manusia yang baik, dan senantiasa menjalankan perintah-Nya serta menjauhi larangan-Nya, Allah pasti akan selalu berada bersama kita. Allah juga akan menutupi aib kita, jika kita menutupi aib saudara kita pula, Rasulullah saw bersabda:
مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمـِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا، نَفَّسَ اللهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ، وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّـرَ اللهُ عَلَيْهِ فِي الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ، وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللهُ فيِ الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ، وَاللهُ فِي عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِي عَوْنِ أَخِيْهِ…
“Siapa yang melepaskan dari seorang mukmin satu kesusahan yang sangat dari kesusahan dunia niscaya Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan dari kesusahan di hari kiamat. Siapa yang memudahkan orang yang sedang kesulitan niscaya Allah akan memudahkannya di dunia dan nanti di akhirat. Siapa yang menutup aib seorang muslim niscaya Allah akan menutup aibnya di dunia dan kelak di akhirat. Dan Allah senantiasa menolong hamba-Nya selama hamba-Nya itu menolong saudaranya….” (HR. Muslim no. 2699)
Benarlah memang, kata-kata yang saya temukan saat saya berselancar di sosial media beberapa waktu lalu,

“Kita dianggap baik kadangkala bukanlah karena kita benar-benar baik, Namun karena Allah menutupi aib kita.”
Maka, bersyukurlah kita yang masih diberi perlindungan dan masih ditutupi aib kita oleh-Nya. Oleh karena itu, maka janganlah kita mengulangi aib-aib kita itu, dan mulailah untuk memendamnya, dan berusahalah untuk memanfaat seluruh nikmat yang diberikan-Nya dengan sebaik-baiknya, serta selalu berjalan di jalan-Nya. Dan tentunya juga menjadi seorang muslim yang menyayangi dan menghargai saudara muslim lainnya.

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...