Rumah Beratap Ijuk : Masih Didominasi Warga Desa Sibanggor Julu

Panyabungan.StArtNews- Desa Sibanggor Julu yang terletak di bawah kaki Gunung Lembah Sorik Marapi kecamatan Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal adalah salah satu Desa di Sumatera Utara yang Masih Mempertahankan adat dan budaya, salah satunya adalah rumah beratap ijuk sebagai tempat kediaman.

Selain diyakini tahan lama Rumah ijuk ini pun di yakini mempunyai fungsi ganda, diantaranya jikalau penghujan tiba atap ijuk ini bisa membuat suhu hangat di dalam rumah,  begitupun sebaliknya kemarau tiba akan menjadi sejuk di dalamnya.

Penduduk yang didominasi mayoritas Agama Islam,  ternyata atap ijuk ini dipertahankan karena uap belerang yang keluar dari mulut gunung sorik Marapi terlampau tinggi dan juga masih sering dilanda  hujan hawa belerang sehingga  mengakibatkan atap yang terbuat dari plat besi atau seng sekarang ini mudah rapuh sehingga menjadi tidak tahan lama.

Raup Nasution pemilik rumah panggung beratap ijuk mengatakan  ijuk sebagai atap rumah adalah salah satu budaya dan sudah digunakan  semenjak leluhur  mereka ,dan jarak yang begitu dekat ke gunung Sorik Marapi sekitar 5 kilometer dengan jarak tempuh berjalan kaki selama kurang lebih 3 jam dari desa mereka. Tidak hanya itu atap ijuk ini memiliki fungsi ganda, dan terbilang murah.

Sementara Awaluddin Nasution kepala desa Sibanggor Julu menjelaskan budaya rumah beratap ijuk ini sudah digunakan  dalam beberapa ratusan tahun yang silam. Dengan jumlah penduduk  350 keluarga dan kurang lebih sebanyak 1.562 jiwa.

 

Untuk pembuatan atap rumah, warga memanfaatkan dari pokok pohon aren yang ada di desa mereka, dibutuhkan  dua setengah ton dalam pembuatan satu atap rumah yang  berukuran 6×10 meter.

Selaku Kades setempat, sangat mendukung dan akan terus melestarikan tradisi budaya warga, karena memang budaya warga ini akan seiring nantinya dengan program desa yang akan menjadikan Desa Sibanggor julu sebagi Desa  Eko Wisata Mandailing Natal.

Hanya saja kata Awaluddin, peran Pemerintah Daerah maupun di provinsi sangat dibutuhkan dalam hal menyukseskan program Desa eko Wisata ini, artinya Pemerintah memang harus melakukan pendampingan anggaran seperti fasilitas pendukung lainnya, sehingga warga setempat maupun warga  luar yang hendak melirik keindahan alam desa Sibanggor Julu ini bisa dengan mudah menggapainya.

Lebih lanjut dijelaskan Awaluddin dengan melirik pendakian keindahan alam Gunung Sorik Marapi dan pemandian air panas di tempatnya, dalam hal ini juga akan membantu peningkatan  perekonomian di desanya.

Reporter : Hasmar Lubis

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...