Sampai Sore Ini, Desa Huta Godang Muda Masih Terendam Banjir

BNPB Madina siagakan perahu karet bantu warga Desa Hutagodang Muda , sore ini banjir dari luapan sungai batang gadis masih menggenangi pemukiman penduduk

Siabu.StArtNews- Puluhan rumah di Desa Huta Godang Muda dan Muara sampai sore ini 08/11 masih terendam banjir dari luapan sungai batang Gadis, ketinggian air bahkan mencapai lutut orang dewasa, Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BNPB telah menurunkan tim nya ke lokasi guna membantu warga.

Banjir di daerah ini terjadi sejak rabu malam, otoritas setempat bahkan mengintruksikan agar warga yang rumahnya terkena banjir untuk mengungsi, karena debit air sungai batang gadis belum bersahabat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BNPB Muhammad Yasir pada StArtNews mengatakan, banjir di kawasan siabu akibat luapan sunga Batang Gadis, utamanya Desa Huta Godang Muda dan Desa Muara.

Debit air yang tinggi akibat hujan yang mengguyur wilayah Mandailing Natal selama 16 jam membuat Sungai batang gadis tidak mampu menampung debit air hujan, sehingga meluber ke pemukiman penduduk.

Daerah Huta Godang muda memang kata Yasir selalu menjadi langganan banjir apabila musim penghujan tiba, namun kondisinya tidak terlalu parah, tidak seperti di wilayah Batang Natal dan Simpang Gambir.

Meski demikian kata Kepala BNPB, pihaknya tetap menghimbau agar warga tetap waspada, apabila hujan turun diharapkan bagi kaum laki laki untuk tetap berjaga jaga, ketika kondisi air naik, maka diintruksikan agar warga siap mengungsi, karena kondisi air sungai batang gadis tidak terprediksi.

 Redaksi StArtNews

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...