Satu Keturunan Punya Warna Bola Mata Berbeda

Pangkat.StArtNews- Ada yang berbeda dan unik di keluarga Almarhum Awaluddin, warga desa Pangkat, Kecamatan Lembah Sorik Marapi, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara. Seluruh keturunannya memiliki warna bola mata yang berbeda. Dari dua bola mata satu diantaranya memiliki warna bola mata layaknya orang eropa yakni berwarna biru.

StArtNews yang menyambangi rumah keluarga Almarhum Awaluddin di Pangkat menyaksikan bahwa, satu keturunan Almarhum Awaluddin memang memiliki warna bola mata berbeda dari warna bola mata orang pada umumnya.

Saat ini, hanya anak Almarhum Awaluddin yang mendiami rumah miliknya di Desa Pangkat yakni Amrus dan 3 saudaranya beserta anak-anak mereka.

Namum meski mereka memiliki warna bola mata yang indah dan jarang ditemukan, sebanyak 7 orang keluarga keturunan Almarhum Awaluddin mulai dari anak dan cucunya mengalami Tuna Wicara.

Warna bola mata yang hijau mencolok dan biru serta kehitaman menjadi ciri khas tersendiri bagi keluarga yang hidup sederhana ini, Berawal dari sang Nenek sampai turun ke kedua cucunya.

Walau dengan keterbatasan berbicara dan berbeda warna Mata tak menjadi penghalang bagi keluarga ini  untuk tetap beraktivitas layaknya seperti warga desa lainnya.

Dari dunia medis sendiri, kelainan bola mata ini disebut Heterochromia Iridium.warna mata ditentukan oleh jumlah melanin, suatu pigmen coklat gelap, yang terdapat dalam bagian mata yang disebut  “iris”.

Bola mata seperti ini memang kelihatan takjub ketika orang melihatnya. Heterochromia Iridium diduga sebagai akibat dari perubahan pada satu dari beberapa gen yang mengatur warna mata.
Heterochromia Iridium ini juga bisa merupakan keturunan, walaupun trauma dan beberapa jenis pengobatan dapat juga mengakibatkan peningkatan maupun penurunan pigmentasi pada salah satu iris.

Reporter : Hasmar Lubis

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...