Sekda Akui Ada PNS yang Mau Ikut Calon Kades di Madina

sekda-akui-ada-pns-yang-mau-ikut-calon-kades-di-madina

Panyabungan-StArtNews

Dengan masuknya jadwal pelaksanaan pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Mandailing Natal ada rumor yang berkembang dan di dalam peraturan juga diperbolehkan seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk maju sebagai calon Kepala Desa.

Plt. Sekda Madina M. Syafei Lubis yang dijumpai di ruang kerjanya, Rabu (2/11) mengakui bahwa ada sejumlah PNS yang telah mengajukan kepada Bupati Madina untuk maju sebagai calon Kepala Desa yang akan digelar pemilihannya pada 30 November yang akan datang ini.

“Memang sampai sekarang ini sudah ada PNS yang mengajukan agar dapat maju sebagai bursa calon Kepala Desa yang akan kita gelar pada tanggal 30 November 2016 yang akan datang ini, dan ada juga sejumlah BPD yang sudah mengajukan untuk berhenti sebagai BPD,” katanya.

Lebih lanjut disampaikan oleh Syafei bahwa di dalam peraturan Bupati Mandailing Natal Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Petunjuk Teknis Tata Cara Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa, yang disahkan pada 29 September 2016 dinyatakan bahwa TNI/Polri dan PNS boleh ikut calon Kepala Desa.

“Namun kalau bagi BPD ya harus mengundurkan diri sebagai BPD sementara untuk TNI/Polri cukup persetujuan tertulis dari pimpinan instansinya dalam hal ini Bupati Mandailing Natal, dan hingga kini memang belum ada yang secara resmi mendapatkan ijin namun yang mengajukan sudah ada,” tegas Syafei.

Diterangkan Syafei bahwa sekarang ini baik ia BPD maupun PNS yang mengajukan untuk ikut mencalonkan diri menjadi Kepala Desa sedang dalam tahap proses, dan berkasnya sekarang ini sudah di Asisten I Pemkab Mandailing Natal.

“Memang sampai sekarang ini calon Kepala Desa yang berasal dari PNS maupun BPD belum ada yang keluar karena sedang dalam proses sesuai dengan praturan yang berlaku, ” akhirinya. (Z Ray)

Reporter : Z Ray

Editor : Hanapi Lubis

 

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...