Sistem Pendidikan yang Ideal di Indonesia Adalah Pendidikan Karakter

Panyabungan.StArtNews- “Pendidikan karakter saat ini menjadi solusi yang paling tepat untuk Indonesia. Menanamkan karakter budi pekerti secara menyeluruh kepada para peserta didik harus dilakukan, baik pengetahuan (kognitif), nilai hidup (afektif), maupun tindakan terpuji (psikomotor). Tujuannya membentuk siswa agar mereka mampu menjadi insan kamil, yang hasilnya terlihat dalam tindakan nyata.”

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Mandailing Natal Drs. H. Muksin Batubara, M.Pd, saat membuka kegiatan Seminar Sehari dan MGMP PAI bagi guru guru PAI SD, SMP, SMA Sekabupaten Mandailing Natal, yang dihadiri Kadis  Kesehatan Madina Drg. Ismail Lubis, Korwas Dinas Pendidikan H. Zulkarnaen Tanjung, S.Pd. Sedangkan  nara sumber dari UINSU Medan DR. H. Chandra Wijaya, M.Pd, bertempat di Aula Kemenag Mandailing Natal.

Dikatakan Muksin Batubara, kondisi sistem pendidikan di Indonesia saat ini sangat memprihatinkan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya  terjadi perilaku-perilaku yang menyimpang yang dilakukan pelajar, seperti tawuran, bolos, narkoba dan rendahnya moral peserda didik, dan juga prilaku guru yang tidak sedikit, menyimpang dan mencoreng wajah pendidikan kita.

Karenanya, bangsa ini sangat membutuhkan solusi yang tepat disetiap sekolah diseluruh wilayah Indonesia agar bangsa Indonesia mempunyai sistem pendidikan yang bermutu dan mempunyai peserta didik yang memiliki moral dan akhlak yang baik.

Lanjut Muksin Batubara, lembaga dan satuan pendidikan dalam penyelenggaraan proses pembelajaran yang dilakukannya,  harus mampu mengarahkan, dan menanamkan nilai-nilai kebaikan kepada peserta didik yang kemudian dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Disamping itu sangat dituntut sinergitas antara orang tua, guru, lingkungan masyarakat, dan pemerintah bersama-sama membangun sistem pendidikan yang ideal di Indonesia yaitu pendidikan karakter, yang akan mampu menularkan siswa-siswa yang ideal pula.

 

Muksin juga berharapkan ke depan, pendidikan di Indonesia akan lebih bermutu dan berkualitas karena mempunyai karakter atau kepribadian yang berakhlak mulia. Dengan kata lain, pendidikan yang ideal di Indonesia yaitu penerapan pendidikan karakter di lingkungan keluarga,  sekolah dan masyarakat.

Reporter: Lokot Husda Lubis

Editor: Hanapi lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...