Sungai Aek Mata Masih Jadi Tempat Favorit untuk Buang Sampah

Panyabungan.StArtNews- Sungai Aek Mata yang berda di pusat Kota Panyabungan, Mandailing Natal masih menjadi tempat favorit warga  untuk membuang sampah, kondisi inilah yang kerap membuat wilayah sekitar bantaran sungai tergenang banjir akibat tersumbatnya saluran sungai oleh tumpukan sampah.

Kurangnya kesadaran masyarakat atas pentingnya kebersihan menjadi salah satu faktor sehingga masyarakat masih memanfaatkan sungai sebagai tempat favorit untuk membuang sampah, kondisi ini diperparah tidak adanya larangan dan pemberaihan dari Dinas terkait.

Muhammad Rajab salah seorang warga pada StArtNews mengakui bahwa tumpukan sampah di sepanjang sungai Aek Mata memang akibat ulah warga yang tidak memperdulikan faktor kebersihan lingkungan. Namun kondisi ini seharusnya menjadi pikiran bagi Pemerintah untuk menyediakan tong sampah di setiap lingkungan yang ada di wilayah bantaran sungai Aek Mata, karna jelas kondisi ini terjadi akibat warga juga tidak tahu buang sampah harus kemana sehingga warga mengambil jalan pintas untuk buang sampah ke sungai.

Rajab juga mengaku bahwa warga luar juga saat ini susah buang sampah ke Aek Mata karna ketiadaan pembuangan sampah atau tong sampah.

Warga sekitar berharap agar dinas terkait segera melakukan pemberaihan dan pengerukan aliran sungai karena dikhawatirka ketika hujan tiba, air sungai kerap meluber ke pemukiman penduduk karena terjadinya pendangkalan aliran sungai dan banyaknya tumpukan sampah.

Reporter : Asmar

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...