Sungai Namora Meluap, Nagajuang Kebanjiran

Nagajuang.StArtNews- Hujan yang memgguyur wilayah Kabupaten  Mandailing Natal membuat sungai Aek Namora meluap ke pemukiman penduduk, Sedikitnya 4 desa di Kecamatan tersebut   terendam banjir.

“ ada empat desa yang mengalami kebanjiran akibat luapan sungai aek namora dini hari tadi, keempat desa itu  Desa Tarutung Panjang, Humbang 1, Tambiski, Tambiski Nauli, dimana pada tahun 2013 pernah diterjang banjir bandang.” Papar Sekcam Naga Juang Muksin Nasution S.Sos pada StartNews.

Selain merendam Rumah penduduk, banjir juga merendam sedikitnya 8 hektare pertanian termasuk sawah dan tanaman palawija.kondisi tanaman sawah padi warga yang terendam banjir sendiri papar Muksin masih berumur 1 bulan, dipastikan, para petani mengalami gagal tanam.

Pasar tradisional Naga Juang juga menjadi sasaran banjir , ketinggianmencapai  30 – 50 cm, untuk saat warga bersama pihak Kecamatan melakukan gotong royong bersama membersihkan sisa material banjir.

“Kerugian akibat banjir belum bisa diperkirakan. Rusaknya tanaman masyarakat akibat banjir menjadi salah satu perhatian serius pemerintah Kecamatan, pihaknya berharap , Dinas Pertanian untuk melakukan pendataan kondisi areal sawah yang gagal tanam, karena memang, petani berharap, masa tanam kali ini untuk kebutuhan  tahun baru yang sudah semakin dekat.

Reporter : Z.Ray

Editiro : hanapi Lubis

 

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...