Tau Gak Kenapa Muncul Asap Dari Pembakaran

Tahukah Anda- Anda pasti pernah melihat api dan juga asap kan. Nah, kenapa muncul asap dari pembakaran. Setiap kali anda menyalakan api atau membakar sebuah benda maka akan terjadi proses pembakaran. Pembakaran ini hanya bisa terjadi jika ada oksigen, jika tidak ada oksigen maka tidak akan bisa terjadi pembakaran tersebut.

Anda pasti pernah membakar sesuatu, misalnya membakar sampah, membakar kertas, membakar kayu, dan lain-lain. Pada saat kamu membakar benda-benda tersebut pasti api yang keluar akan diikuti oleh munculnya asap di sekitar api. Contohnya, bila kamu membakar sebuah kayu, maka zat arang yang terkandung  dalam kayu tersebut akan bereaksi pada oksigen di sekitarnya, hasil reaksi tersebut akan berubah menjadi karbondioksida. Proses pembakaran inilah yang menimbulkan panas dan cahaya.

Lalu dari manakah asal asap di sekitar api tersebut? Asap merupakan suspensi partikel kecil yang ada di udara yang berasal dari hasil pembakaran yang tidak sempurna dari sebuah bahan bakar. Asap adalah efek samping yang tidak diharapkan dari api. Jika sebuah benda dibakar dan kadar oksigen di tempat tersebut cukup, maka pembakaran tersebut tidak akan mengeluarkan asap. Tapi kalau pembakaran yang terjadi mengalami kekurangan kadar oksigen maka asap akan muncul sebagai produk samping pembakaran. Itulah sebabnya kenapa muncul asap dari pembakaran.

Sumber : soktau.com

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...