Ternyata pria juga punya siklus bulanan


tahukah_anda1Tahukah Anda –
Walaupun tidak begitu disadari, ternyata sama seperti wanita, ternyata pria juga memiliki siklus hormonal tertentu. Akan tetapi hal ini tidak begitu berpengaruh terhadap emosi mereka.

Dilansir dari Popular Science, pria cenderung memiliki tingkat testosteron yang tinggi di pagi hari dan cenderung untuk semakin menurun di siang harinya. Penelitian yang dilakukan di Norwegia pada tahun 2003, membuktikan bahwa tingkat testosteron pria juga ditentukan berdasar musim yang sedang terjadi. Tingkat testosteron pria mencapai puncaknya pada musim gugur, dan menurun pada musim panas.

Peter Celec, seorang endokrinologis dari Comenius University Slovakia berpikir bahwa pria juga memiliki siklus hormonal bulanan seperti wanita pula. Penelitiannya pada tahun 2002 menunjukkan bahwa pria dan wanita sama-sama merasakan ritme dan siklus testosteron yang sesuai dengan ritme bulan.

Level testosteron yang dihitung dari air liur pria menunjukkan peningkatan yang dramatis pada hari ke-18 dari siklus 30 hari. Akan tetapi sayangnya masih belum ada bantahan, sanggahan atau juga persetujuan terhadap penemuan yang dihasilkan oleh Celec ini. Dia menambahkan bahwa terdapat kesulitan untuk menandai siklus bulanan pria ini, karena tidak adanya tanda berupa darah seperti pada siklus yang dialami wanita.

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...