Uang dan Emas Hangus

Metro Tabagsel

15-03-13-ms_01Peristiwa kebakaran terjadi di siang bolong, sekitar pukul 13.00, Senin (26/10) di Desa Siginduang Kecamatan Sosa. Satu rumah berdinding papan dengan ukuran 6X12 meter ludes dilahap api. Uang senilai Rp20 juta dan emas dua mayam atau seharga Rp3 juta turut hangus.

Rumah yang hangus, yakni rumah milik Sahban (37), warga Siginduang. Tapi, yang tinggal dan menjadi penghuni rumah itu, bukan dia, melainkan ibunya, Molan (70) dan kerabatnya Zainul beserta keluarga.

Tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu, namu perkiraan, kerugian mencapai Rp80 juta, termasuk uang dan emas yang terbakar.

Dari pantauan di lokasi, besar api mencapai tiga meter. Awalnya, api berasal dari bagian dapur rumah yang ditinggali dua keluarga itu. Memang, keadaan rumah sedang kosong. Penghuni rumah sama-sama sedang tidak berada di tempat. Dengan ganasnya, api terlihat menyambar-nyambar. Bahkan, dari bagi dinding satu, pindah ke dinding lain. Atap rumah berupa seng juga terlihat turut melunak akibat ganasnya api menghabisi rumah.

Warga yang sudah mengeatahui kejadian langsung berdatangan. Pertolongan pun seadanya diberikan. Ada yang mengangkati air untuk disiramkan, ada pula yang melempari tumah dengan batu agar tumbang dan tidak menjangkiti rumah di sebelahnya. Ada pula yang mengambil alat semprot hama untuk bisa menyemprotkan air ke dalam rumah.

Cukup susah memadamkan api. Terlebih, bahan rumah terbilang mudah terbakar karena berupa papan. Belum lagi, di dalam rumah, juga ada pakaian yang tidak terselamatkan lagi dan jadi lahapan api.

“Tolong…Tolong…Panggil pemadam. Biar apinya tak menjalar ke sebelah,” teriak beberapa warga yang melakukan pemadaman.

Puluhan warga pun bergantian mengambil air. Setelah air datang disiramkan ke sumber api, lalu yang bersangkutan berlari lagi dan mengambil air. Untuk rumah yang sudah terbakar, nyaris tidak ada yang berhasil diselamatkan. Terlebih, awalnya rumah ini terkunci.

Sementara, rumah yang hanya berjarak satu meter, juga sudah mulai terancam. Bahkan, api sempat menjilat dindingnya sebelah. Beruntung, karena tindakan cepat warga dan belakangan dibantu mobil pemadam kebakaran, akhirnya rumah itu selamat.

Kepala Desa Setempat, Sahminan terlihat langsung berada di lokasi. Bahkan, ia sibuk berkoordinasi dengan pemadaman dan kantor camat sebelum ada mobil kebakaran tiba. Dua unit mobil pemadam kebakaran baru tiba setengah jam kemudian. Dua unit mobil datang sekaligus bersama petugasnya.

Tak lama kemudian Camat Sosa Agus Salim Naution dan Sekwan Asnan Lubis juga turun. Menyusul kemudian, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Palas, Irwan Baginda. Baik camat maupun Irwan terlihat mengungkapkan imbauan untuk sabar kepada korban. Bahkan, Irwan berjanji akan datang lagi sore harinya (kemarin sore, red).

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...