Warga Batahan Berharap Jembatan Desa Kuala Tompek Agar Segera Diperbaiki Dinas PU Madina

Panyabungan.StArtNews–  Rusaknya jembatan penghubung Desa Kuala Tompek ke Kelurahan Batahan Kabupaten Mandailing Natal menimbulkan keresahan bagi warga setempat,  dimana sudah hampir sebulan jembatan tersebut terputus belum terlihat adanya upaya dinas terkait melakukan perbaikan.

Ditempat terpisah Hotner Pasaribu, ST Ketua KNPI Kecamatan Sinunukan kepada StArtNews mengatakan ” Saya prihatin kepada masyarakat Kuala Tompek, dimana jembatan penghubung ke kota Kecamatan Batahan lumpuh (rusak), Dia berharap kepada dinas terkait agar lebih serius memperhatikan insprastruktur jalan dan jembatan karena merupakan urat nadi perekonomian masyarakat “Ungkapnya.

Dia juga menambahkan “Waktu saya berkunjung ke Batahan melalui jembatan, saya sangat kecewa karena jambatan yang hanya 1 kilometer dari Kecamatan Batahan rusak dan putus total tanpa bisa dilalui. Dari keterangan warga rusaknya jembatan penghubung akibat aktivitas truk yang syarat muatan, Saya berharap agar Dinas PU madina serius menanggapi persoalan ini ” cetusnya.

Disamping Camat Batahan Irsal Pariadi, SSTP saat dikonfirmasi StArtNews melalui Handphone Senin (10/7) mengatakan” Lokasi jemabatan yang rusak tersebut di Jalan Lintas Sari Kenanga Batahan ke desa Kubangan Tompek, Jalan penghubung antar Kecamatan Batahan dengan Kec. Natal dan Kec. Sinunukan.
Jembatan semi permanen merupakan jembatan CSR PTPN 4.”Kata Camat Batahan

Irsal juga menjelaskan Jembatan tersebut roboh pada pertengahan Juni akibat besi penahan jembatan patah karena selalu dilalui mobil pengangkut buah sawit oleh mobil sawit PTPN4, mobil toke buah sawit pribadi masyarakat, mobil toke ikan masyarakat dan mobil petani sawit yg akan menjual buah ke PKS PT.TBS patiluban atau PKS PT.Gruti Lestari Pratama, Hal ini sudah ditangani setingkat kecamatan dengan memanfaatkan besi penahan jembatan yang masih baik untuk dibuatkan jembatan agar bisa dilalui oleh sepeda motor dan mobil pribadi masyarakat

Irsal juga selaku Camat Batahan  kami sudah upayakan menyurati bapak Bupati madina dengan tembusan dinas PU, dan Jawabannya sudah kami terima pada tahun 2017 jembatan tersebut sudah masuk pada tender lelang pekerjaan tapi pengerjaan dilaksanakan pada bulan Agustus APBD 2017″ Sebut Irsal.

Dia juga mengatakan sampai saat ini upaya kami di tingkat Kecamatan Batahan sudah membuat proposal kepada perusahaan dan masyarakat yang mempunyai usaha perkebunan dan perikanan untuk ikut berpartisipasi secara suka rela memberikan bantuan untuk pembuatan jembatan ganti sebelah jembatan ini.
Pada tahap ini masih sampai pada pengumpulan bahan berupa batang kayu kelapa.

Harapan saya  pemda bisa memprioritaskan dan melakukan percepatan pembangunan  jembatan tersebut karna merupakan jalan lalu lintas masyarakat antar kecamatan ” Harap nya.

Reporter : Sakban Azhari Lubis

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...