Warga Butuh Bantuan dan Tenaga Medis

qwSTART NEWS – Hujan deras mengguyur wilayah Kabupaten Tapsel sejak beberapa hari terakhir menyebabkan Sungai Batangtoru meluap. Banjir pun tak bisa dihindari.

Sedikitnya 30 rumah di Kelurahan Rianiate, Kecamatan Angkola Sangkunur, Kabupaten Tapsel, terendam banjir dengan ketinggian air sekitar 1,5 meter.

“Di Rianiate terjadi banjir, ketinggian air mencapai 1,5 meter. Sedikitnya ada 30 rumah warga terendam,” ujar Camat Angkola Sangkunur M Zein H Ritonga, pada Metro Tabagsel, via selulernya.
Dikatakan, banjir yang terjadi merupakan dampak dari curah hujan yang cukup tinggi, baik di wilayah itu maupun di hulu Sungai Batangtoru.

“Banjirnya sudah sejak kemarin (Minggu), dan warga sudah diungsikan ke rumah saudara masing-masing,” ujarnya.

Banjir tersebut, sambung camat, sebenarnya terjadi setiap musim hujan tinggi. Dimana, Sungai Batangtoru tak mampu menampung sisa air hujan, sehingga meluap dan menggenangi permukiman warga. “Seperti biasanya, selalu terjadi banjir jika curah hujan tinggi,” katanya.

Selain di Rianiate, banjir juga terjadi di Sibarabara, Desa Simataniari. Namun, ketinggian air hanya sekitar 30 cm. Dan menggenangi sekitar 45 rumah.

“Lantai rumah warga terendam, mereka juga sudah mulai menumpang di rumah saudara,” sebutnya.
Akibat curah hujan tinggi dan banjir tersebut, warga juga tak bisa mencari nafkah. Pasalnya, pada umumnya warga mengandalkan getah karet sebagai sumber mata pencaharian. Tentu dengan kondisi hujan, tidak akan bisa dikerjakan.

“Sekolah belum diliburkan. Tetapi masyarakat membutuhkan pemeriksaan kesehatan. Masalah ini juga telah kita laporkan untuk minta bantuan dari Dinkes melalui bidan dan puskesmas,” terangnya.
Sedangkan untuk bantuan logistik, Camat jsedang mengupayakan agar segera dibantu dari Disnakertransos. “Sudah saya laporkan juga,” pungkasnya.

Saat ditemui Metro Tabagsel, Selasa (15/12) Camat Angkola Sangkunur menegaskan, hingga kemarin (12/12), banjir masih menggenangi rumah warga. Namun, upaya yang dilakukan baru pencegahan berbagai penyakit yang dianggap menular di tengah-tengah masyarakat. “Sedangkan bantuan, masih dalam tahap pengusulan, dan secepatnya akan disalurkan,” tandasnya.

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...