Bupati Batubara Bersinergi Tingkatkan Kinerja Ekspor Pertanian

Bupati Batubara Zahir mendukung peningkatan ekspor pertanian lewat program Gratieks. (FOTO: BARANTAN)

Asahan, StartNews – Bupati Batubara Zahir menyambut baik sinergisitas dengan Karantina Pertanian Tanjung Balai, Asahan, Sumatera Utara, untuk meningkatkan kinerja ekspor pertanian di wilayahnya.

“Sambutan dan dukungan yang luar biasa, Pak Bupati mendukung penuh,” kata Kepala Karantina Pertanian Tanjung Balai Edward Syam melalui keterangan tertulisnya, Kamis (1/7/2021).

Menurut Edward, pihaknya menggelar kegiatan bersama untuk mendukung pembangunan pertanian dan peningkatan ekspor dengan Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks). Acara ini dibuka Bupati Zahir.

Edward menjelaskan, data lalu lintas pada sistem perkarantinaan (IQFAST Barantan) mencatat setidaknya ada lima komoditas unggulan ekspor di wilayah kerjanya, yakni pisang, minyak sawit dan turunannya, domba, kelapa parut serta sapu lidi.

“Kami sangat mengapresiasi program strategis Bapak Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melalui Gratieks ini. Saya dan jajaran siap bersinergi untuk menjaga performa kinerja ekspor pertanian dari tempat kami,” kata Zahir.

Zahir berharap gerakan ini mampu meningkatkan ekspor komoditas pertanian melalui upaya penguatan aktivitas produksi (on farm) maupun aktivitas pasca produksi (off farm). Sehingga, secara simultan dapat meningkatkan produksi dan eksportasi hingga tiga kali lipat pada 2024.

Penguatan Sistem Perkarantinaan

Sementara Kepala Pusat Kepatuhan Kerjasama dan Informasi Perkarantinaan, Barantan, Junaidi juga menyampaikan Gratieks merupakan program jangka panjang yang tersistematis, sekaligus merealisaskkan arahan Presiden dan Mentan dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi yang masih berlangsung.

Junaidi juga memaparkan tugas perkarantinaan terkait pengawasan keamanan dan pengendalian mutu pangan dan pakan asal produk pertanian yang menjadi amanah Undang-undang Nomor 21 Tahun 2019.

“Tentunya kami juga mengajak Bapak Bupati dan seluruh masyarakat di Kabupaten Batubaru untuk bersama-sama menjaga kelestarian sumber daya hayati dan pertanian kita,” kata Junaidi.

Rangkaian kegiatan diakhiri dengan kunjungan ke kantor Karantina Pertanian Tanjung Balai Asahan untuk meninjau secara langsung operasional pengawasan dan penindakan karantina pertanian serta implementasi inovasi berupa aplikasi Siwasdak di lapangan.

Reporter: Rls

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi