Bupati Madina Imbau Warga Tak Gelar Pawai Takbiran di Jalan Raya

Panyabungan, StartNews – Plh. Bupati Mandailing Natal (Madina) Gozali Pulungan menerbitkan Surat Edaran (SE) No. 451/1516/Kesra/2021 tentang Imbauan Pelaksanaan Malam Takbiran dan Salat Idul Adha tahun 2021.

Dalam surat tersebut, Plh. Bupati Madina  Gozali Pulungan meminta masyarakat tidak melaksanakan pawai takbiran dengan keliling konvoi di jalan raya. Dia meminta takbir dikumandangkan lewat pengeras suara dari masjid atau musala dengan tetap menjaga jarak mematuhi protokol kesehatan.

Poin ketiga dalam surat itu, Plh. Bupati Madina Gozali Pulungan meminta salat Idul Adha yang dilaksanakan di tanah lapang, masjid, musala atau tempat lainnya mematuhi prokes yang ditetapkan pemerintah seprti wajib memakai masker, membawa sajadah masing-masing, dan mencuci tangan dengan sabun.

Imbauan Plh. Bupati Madina Gozali Pulungan itu sejalan dengan imbauan Satgas Covid-19 Madina. Dalam suratnya,  Satgas Covid-19 Madina meminta agar tidak ada kerumunan saat penyembelihan hewan kurba. Pendistribuan daging hewan kurban dilakukan langsung panitia kepada warga di tempat tinggal masing-masing dengan meminimalkan kontak fisik.

SE Bupati Madina dan Satgas Covid-19 Madina itu merujuk pada Surat Edaran (SE) Menteri Agama No.15 Tahun 2021 tentang Penerapan Protokol Kesehatan dalam Penyelenggaraan Salat Hari Raya Idul Adha dan Pelaksanaan Kurban.

“Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, pelaksanaan salat Idul Adha serta penyembelihan hewan kurban dan pembagiannya harus mengikuti protokol kesehatan,” kata Nanda Nasution, Kabid Gakda Satpol PP Kabupaten Madina, Senin (19/7/2021).

Tarigan mengatakan rangkaian kegiatan Hari Raya Idul Adha, mulai dari pelaksanaan salat serta pemotongan dan pendistribusian daging kurban harus dijaga  dengan tetap mematuhi kaidah kesehatan masyarakat dan hewan dengan panduan yang ditetapkan dalam SE Menteri Agama tersbut.

“Penerapan prokes saat proses penyembelihan dan pembagian hewan kurban amat penting untuk mencegah munculnya klaster penularan Covid-19. Apalagi, saat ini Mandailing Natal saat ini bersatus zona hijau Covid-19. Jangan sampai status Mandailing Natal berubah menjadi oranye atau merah,” paparnya.

Reporter: Ahmad Sabar Pulungan

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi