Ceko Tertarik Investasi Bidang Energi dan Infrastruktur di Sumatera Utara

Menteri Lingkungan Hidup Ceko YM Mr. Richard Brabec saat membahas berbagai peluang kerja sama Wagub Sumut Musa Rajekshah di Kantor Gubernur Sumut, Medan, Rabu (23/6/2021). ( FOTO: DISKOMINFO SUMUT)

Medan, StartNews – Pemerintah Ceko berniat menjalin kerja sama pengembangan energi terbarukan dan pengelolaan limbah dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Pemerintah Ceko meniai Sumut memiliki sumber energi terbarukan yang bisa dikelola menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi dan pembangunan infrastruktur.

Rencana menjalin kerja sama itu diungkapkan Menteri Lingkungan Hidup Ceko YM Mr. Richard Brabec saat bertemu dengan Wagub Sumut Musa Rajekshah di Kantor Gubernur Sumut, Medan, Rabu (23/6/2021).

“Ceko yang sekarang terus berkembang. Saat ini kami fokus mengembangkan kerja sama dengan beberapa negara terkait pengembangan energi terbarukan dan pengelolaan limbah,” ujar Richard Brabec.

Richard mengaku senang dan berharap bisa menjalin kerja sama dengan Pemprov Sumut. Dia melihat Sumut memiliki sumber  energi terbarukan yang bisa dikelola menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi dan pembangunan infrastruktur.

“Dalam bidang perkembangan infrastruktur, kami mungkin bisa menawarkan beberapa kerja sama, antara lain melakukan pengembangan pembangunan kereta api bandara dan pelabuhan di Sumut,” ungkapnya.

Menyahuti keinginan tersebut, Wagub Sumut Musa Rajekshah mengatakan Sumut juga sedang mencari investor yang mampu mengolah sampah menjadi energi.

“Saat ini sudah ada beberapa  yang datang menawarkan solusi, tapi kita belum memutuskan siapa yang akan mengerjakan itu,” ungkap Wagub yang akrab disapa Ijeck ini.

Ijeck juga mengatakan, dalam situasi ekonomi yang sulit seperti sekarang, harus terus berusaha mencari peluang-peluang pasar yang dapat diterobos. Apalagi banyak komoditas atau produk Sumut, terutama hasil buminya, yang dibutuhkan negara-negara tujuan ekspor lainnya.

Sebagai gambaran, kinerja ekspor Sumut pada periode Januari-April 2021 sebesar US$ 3,6 miliar, yang meliputi negara Asia sebesar US$ 1,1 miliar, negara ASEAN US$ 498,5 juta, dan negara utama lainnya seperti Amerika Serikat, Rusia, Belanda, dan Afrika Selatan sebesar US$ 971,6 juta.

Sementara komoditas ekspor Sumut dengan Ceko meliputi barang atau komoditas ikan dan hasil laut, kayu dan produk kayu, buah dan kacang-kacangan serta alkohol.

Kepala Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumut Ivan Batubara juga menyambut positif kunjungan Menteri Lingkungan Hidup Ceko ke Sumut. Menurut dia, ini membuktikan bahwa Sumut masih memiliki daya tarik bagi negara luar untuk melakukan investasi.

“Kita juga menyadari bahwa Sumut ini sangat butuh banyak sekali pembangunan, seperti pembangunan MRT, karena akan mampu menekan biaya transpotasi yang lebih murah,” ungkapnya.

Reporter: Sir/Rls

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi