Coreng Wajah Kota Panyabungan, Suka Segera Atasi Masalah Sampah

Panyabungan, StartNews – Mengatasi persoalan sampah yang kerap menumpuk di pinggir jalan raya di Kota Panyabungan menjadi satu di antara sekian banyak program prioritas bupati dan wakil bupati terpilih Mandailing Natal (Madina), Muhammad Ja’far Sukhairi dan Atika Azmi Utammi (Suka).

Dalam waktu dekat usai dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Madina, pemerintahan Sukhairi – Atika akan menambah armada dan petugas kebersihan guna mengatasi penumpukan sampah di tempat pembuangan sementara (TPS) di pinggir jalan.

“Persoalan sampah ini termasuk perhatian utama pemerintahan Sukhairi – Atika. Solusi realistis yang cepat dilakukan dengan menambah armada pengangkut sampah dan petugas kebersihan,” kata Khoiruddin Faslah Siregar, ketua Tim Kampanye Sukhairi -Atika, Sabtu (3/7/2021).

Menurut dia, sumber pembiayaan untuk mengatasi persoalan sampah tersebut akan diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P).

Selain menambah armada dan petugas kebersihan, kata Faslah, Pemkab Madina juga akan memberdayakan partisipasi masyarakat di tingkat kecamatan hingga lingkungan.

“Nantinya tiap kecamatan, kelurahan hingga lingkungan akan dibentuk petugas khusus untuk mengangkut sampah dari rumah-rumah warga di tiap lingkungan,” kata Ketua DPC PKB Madina itu.

Guna mengurangi beban pembiayaan dari APBD-P,  menurut Faslah, perlu partisipasi masyarakat dengan cara membayar iuran pengangkutan sampah dari masing-masing rumah warga ke tempat pembuangan sampah yang telah ditentukan.

“Soal teknis dan besaran iurannya, masih perlu kajian lebih detail,” tutur Faslah.

Berdasarkan pantauan pada Sabtu (3/7/2021), sampah rumah tangga tampak menumpuk di sejumlah titik ruas Jalan Willem Iskander, Kota Panyabungan.

Tumpukan sampah yang dibiarkan berhari-hari itu menimbulkan bau busuk, kerumunan lalat, dan serangga lainnya.

Selain menimbulkan masalah  kesehatan, tumpukan sampah yang kerap terlambat diangkut ke tempat pembuangan akhir (TPA) itu juga merusak keindahan ibukota Kabupaten Madina.

Reporter: Ika Rodiah

 

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi