Hari Ini Gagal, DPRD Sepakat Jadwal Ulang Rapat Paripurna LKPj APBD Madina 2020

Rapat Paripurna DPRD Madina dengan agenda penyampaian nota pengantar LKPj APBD tahun anggaran 2020, Senin (12/7/2021). (FOTO: STARTNEWS/HASMAR LUBIS)

Panyabungan, StartNews –  DPRD Kabupaten Mandailing Natal (Madina) membatalkan sidang paripurna penyampaian nota pengantar Laporan Keterangan Pertanggung-jawaban (LKPj) APBD tahun anggaran 2020 lantaran Plh. Bupati Madina belum berhak menyampaikan nota pengantar karena dinilai strategis.

Sidang paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Madina Erwin Efendi Lubis dan diharidiri 36 anggota dari seluruh Fraksi DPRD Madina tersebut digelar pada Senin (12/7/2021).

Pembatalan sidang paripurna itu dilakukan, karena anggota Dewan menganggap dalam laporan penyampaian itu nantinya akan menghasilkan Peraturan Daerah (Perda) yang dinilai strategis, sehingga yang pantas menyampaikan itu adalah bupati defenitif.

Erwin menyampikan, pelaksanaan tugas keseharian Plh. Bupati Madina yang ditunjuk oleh Gubernur Sumatra Utara (Gubsu) sangat penting untuk mejalankan kekosongan pemerintahan.

Sedangkan kebijakan starategis terlebih dahulu harus berkoordinasi dengan Gubsu serta dapat mempertangung-jawabkannya kepada Gubsu.

“Oleh kareana itu, dengan tidak mengurangi rasa hormat kepada pelaksan tugas keseharian Bupati Mandailing Natal belum dapat menyampaikan nota pengantar ini. Karena hal ini akan juga  menghasilkan perda atau kebijakan yang bernilai strategis ” sebut Erwin.

Meski yang berhak menyampaikan nota pertanggung-jawaban APBD tahun anggaran 2020 adalah bupati defenitif, Erwin memberikan dua opsi untuk dijadwal ulang pada rapat paripurna atau dikembalikan kepada Badan Musyawarah (Banmusy).

“Apablia kita putuskan di paripurna ini, maka jadwal pelantikan bupati terpilih belum dapat kita pastikan. Itu nanti berulang-ulang, alangkah baiknya apabila dapat perstujuan (Fraksi DPRD Madina) ini akan kita kembalikan ke badan musyawarah,” katanya.

Dalam sidang paripurna itu, seluruh Fraksi DPRD Madina akhirnya sepakat dilakukan penjadwalan ulang dan dibahas kembali dalam Badan Musyawarah.

Reporter: Hasmar Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi