Kabar Terbaru, Bupati Madina Terpilih Segera Dilantik

Panyabungan, StartNews –  Bupati terpilih Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Muhammad Jakhfar Sukhairi Nasution dan Wakil Bupati Atika Azmi Utami dipastikan segera dilantik dalam waktu dekat ini.

Hal itu disampaikan Kepala Bagian Otonomi Daerah Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Sumut Ahmad Rasyid Ritonga kepada wartawan, Kamis (15/07/2021).

Ahmad Rasyid mengatakan Pemprov Sumut memastikan surat keputusan (SK) pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Madina terpilih hasil Pilkada serentak tahun 2020, telah diterbitkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Selanjutnya, Pemprov Sumut menunggu sampainya petikan SK pelantikan tersebut, kemudian disampaikan kepada Gubernur Sumut Edy Rahmayadi untuk dapat menentukan hari pelantikan Bupati Madina terpilih.

Saat ini Kabupaten Madina dipimpin oleh Pelaksana Harian (Plh) Bupati, yakni Sekdakab Madina Gozali Pulungan.

Dia ditunjuk Gubsu mengisi kekosongan kepala daerah untuk menjalankan tugas keseharian di roda pemerintahan. Sebab, Bupati dan Wakil Bupati Madina Dahlan Nasution dan Jakfar Sukhairi Nasution telah berakhir masa jabatannya pada Juni 2021.

Bupati dan Wakil Bupati Madina terpilih, Jakfar Sukhairi Nasution-Atika Azmi Utammi juga diketahui memenangkan Pilkada serentak 2020 yang berakhir dengan Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada 24 April 2021.

Namun, Plh. Gozali tidak dapat mengambil kebijakan yang bernilai strategis. Seperti penyampaian nota pengantar laporan pertanggung jawaban penggunaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) TA 2020 yang berujung gagal diparipurnakan di gedung DPRD Madina, baru baru ini.

Ketua DPRD Madina Erwin Efendi Lubis mengatakan  penyampaian LKPJ merupakan kebijakan yang bernilai strategis yang akan menghasilkan Raperda. Menurut dia, yang berhak menyampaikan itu adalah bupati depenitif.

Dia juga mememberikan dua opsi untuk dijadwal ulang pada rapat  paripurna atau dikembalikan kepada Badan Musyawarah (Banmusy).

Reporter: Hasmar Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi