Kebun Toga Socfindo akan Pasok Bahan Obat-obatan Herbal Indofarma

Menteri BUMN Erick Thohir saat meresmikan kebun Tanaman Obat Keluarga (Toga) PT Socfindo di Desa Martebing, Kecamatan Dolok Masihul, Kabupaten Serdangbedagai, Jumat (25/6/2021). (FOTO: DISKOMINFO SUMUT)

Serdangbedagai, StartNews – Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan kebun Tanaman Obat Keluarga (Toga) milik PT Socfindo Indonesia harus dikembangkan. Hasil kebun yang berada di Desa Martebing, Kecamatan Dolok Masihul, Kabupaten Serdangbedagai, ini dapat dipasok ke PT Indofarma untuk diproduksi menjadi obat-obatan herbal.

“Kita bersinergi dalam supply chains-nya. Kalau ada seperti ini (kebun Toga) bisa kita upgrade secara industri herbal oleh Indofarma,” kata Erick Thohir saat meresmikan kebun Toga PT Socfindo, Jumat (25/6/2021).

Peresmian kebun Toga PT Socfindo itu juga dihadiri Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Kapolda Sumut Irjen Pol. RZ Panca Putra Simanjuntak, Wagub Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah, Bupati Serdangbedagai Darma Wijaya, dan Komisaris PT Socfindo Indonesia Danie Wawengkang.

Erick Thohir mengatakan kunjungan ini untuk melihat potensi yang ada di Sumut dan upaya memanfaatkan tanaman obat yang dikembangkan PT  Socfindo.

Erick juga menyatakan dukungan agar bibit kelapa sawit yang diproduksi PT Socfindo menjadi kelas dunia. Menurut dia, ini penting sebagai salah satu branding untuk Indonesia.

Wagub Musa Rajekshah juga menyatakan dukungannya agar Socfindo terus berkembang tidak hanya berfokus pada kelapa sawit. Pemprov Sumut juga siap menjalin kerja sama jika ada yang dapat dikerjasamakan.

“Tentu bagi pemerintah provinsi sendiri kalau ada yang bisa kita buat kerja sama, akan kita lakukan. Apalagi taman obat ini sangat luas dan menyimpan sejumlah tanaman langka yang punya khasiat baik untuk kesehatan,” tambahnya.

Sementara Komisaris PT Socfindo Indonesia Daneil Wawengkang menjelaskan, kebun Toga ini merupakan pekarangan rumah salah seorang manajer perusahaan tersebut. Di kebun ini terdapat 1.300 jenis tanaman herbal.

“Ini juga akan dibuka untuk umum sebagai edukasi bagi masyarakat. Juga akan menyediakan bibit tanaman yang bisa dikembangkan masyarakat di halaman rumahnya,” jelasnya.

Reporter: Rls

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi