Khatam Quran Warnai Perayaan Kelulusan 64 Murid TPA Minangkabau Saiyo

TPA Minangkabau Saiyo (MKS) Mandailing Natal merayakan kelulusan 64 anak didiknya di Masjid Taqwa, samping Aekmata, Kota Panyabungan, Sabtu (3/7/2021). (FOTO: ISTIMEWA)

Panyabungan, StartNews – TPA Minangkabau Saiyo (MKS) Mandailing Natal merayakan kelulusan 64 anak didik angkatan ke-27 tahun 2020-2021 di Masjid Taqwa, samping Aekmata, Kota Panyabungan, Sabtu (3/7/2021). Perayaan ini diwarnai dengan kegiatan khatam Alquran.

Perayaan juga diisi dengan musabaqoh tilawatil quran (MTQ) antar-siswa dengan list bacaan yang sudah ditentukan.  MTQ dinilai tiga juri dengan tiga aspek penilaian.  Ustad Muhammad Fadhlan Is, Lc, MA untuk kajian adab , Ustad Abdul Rahim untuk kajian suara dan lagu, dan Ustad Asmudin untuk kajian tajwid fasohah.

Untuk tahun ini perayaan kelulusan TPA MKS tidak dimeriahkan dengan pawai lantaran masih pandemi Covid-19.

“Biasanya kita melakukan pawai khatam Alquran keliling Kota Panyabungan dengan berjalan kaki dan diiringi arak-arakan Tambua Tansa, yakni alat musik khas Minangkabau,” kata Humas MKS Amin Tanjung.

“Acara ini merupakan kegiatan rutin  yang diadakan setiap tahun dalam  proses penamatan belajar Alquran di TPA (Taman Pendidikan Alquran) Minangkabau Saiyo,” timpal Ketua TPA MKS Arlan Sugito.

Ketua pelaksana perayaan, Mulyadi Salayan, bersyukur karena acara perayaan berjalan lancar. Menurut dia, kesuksesan itu tidak terlepas dari partisipasi warga MKS, Bundo Kanduang, dan Rang Mudo yang bahu-membahu . Juga berkat dukungan para sponsor perorangan dan perusahaan seperti PT Sutan Kasim Showroom Mitsubishi, Rumah Makan Ranah Minang, Toko Wahyuda, dan lainnya.

Ketua MKS Defrion Caniago mengucapkan terima kasih kepada wali murid yang telah mempercayakan anak-anaknya untuk dididik TPA MKS. Dia berharap pendidikan di TPA MKS kedepannya lebih bermutu lagi dan jumlah murid terus bertambah.

Reporter: Romi Hidayat

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi