Menderita Penyakit Misterius, Dua Anak Asal Madina Dirujuk ke RS Haji Medan

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi bersama istrinya, Nawal Lubis, saat menjenguk Haikal dan Zakira di rumah kerabatnya di Jalan Karya Jaya, Medan Johor, Medan. (FOTO: DISKOMINFO SUMUT)

Medan, StartNews – Minggu (4/7/2021) kemarin mungkin menjadi hari bersejarah bagi Khairunisa Rangkuti (27). Pasalnya, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bersama istrinya, Nawal Lubis, bertandang ke rumah kerabat warga asal Kabupaten Mandailing Natal (Madina) ini di Jalan Karya Jaya, Medan Johor, Medan.

Kedatangan orang nomor satu di Pemprov Sumut itu untuk menjenguk Haikal (9) dan Zakira (3) yang menderita penyakit kulit hingga menyebabkan cacat pada bagian tubuh.

Khairunisa Rangkuti bersama suami dan dua anaknya berasal dari Desa Panjaringan, Kecamatan Tambangan, Kabupaten Madina. Ayah sang anak sehar-hari mencari nafkah sebagai buruh tani dan menderes getah karet (pohon rambung).

Edy Rahmayadi menjenguk dua anak yang lahir dari rahim Khairunisa Rangkuti itu setelah menerima kabar dari media bahwa kedua anak tersebut berada di rumah kerabatnya di Medan Johor. Edy Rahmayadi prihatin dan memohon maaf, karena baru mengetahui kondisi kedua anak itu.

Mantan Pangdam Bukit Barisan itu juga menanyakan awal mula penyakit yang diderita sang anak. Usai mendengar penuturan Khairunisa, Edy Rahmayadi langsung meminta agar kedua anak tersebut segara dirujuk ke RS Haji Medan.

Insha Allah, kedua anak ini akan ditangani sampai sembuh, karena mereka adalah masyarakat Sumut. Saya mohon maaf karena baru mengetahui kabar ini,” kata Edy Rahmayadi yang ditemani Hary, dokter spesialis kulit dari RS Haji Medan.

Berdasarkan penuturan orangtua si anak, menurut Edy, mereka sudah berkali-kali berobat ke rumah sakit, tetapi tidak sembuh juga. Akhirnya mereka memilih jalur alternatif.

“Menurut orangtuanya, sejak lahir itu sudah ada seperti luka bakar dan melepuh bercak. Akhirnya hingga sampai saat ini, luka itu menyebar hinggga membuat jarinya putus,” kata Edy Rahmayadi yang memberikan keterangan usai menjenguk kedua anak tersebut.

Edy juga meminta kedua anak itu langsung dibawa ke RS Haji milik Pemprov Sumut untuk segera ditangani dan diperiksa. Lantaran orangtua dua anak itu merasa lelah, akhirnya disepakati pihak medis akan menjemput kedua anak itu dan orangtuanya pada Senin (5/7/2021) sekitar pukul 9.00 WIB.

Edy Rahmayadi juga memerintahkan pihak RS Haji Medan membentuk tim untuk manangani Haikal dan Zakira. Tim medis dipimpin dokter spesialis anak Inke Lubis dan didukung dokter spesialis lainnya. Tim medis akan mendiagnosis penyebab sakit anak tersebut.

“Kalau dari historis anak dan kedua orangtuanya tinggal di Mandiling Natal. Apakah penyebab faktor lingkungan dan sebagainya, dan ini harus kita teliti dan diagnosis dulu,” katanya.

Khairunisa Rangkuti mengucapkan syukur dan berterima kasih atas perhatian Gubernur Sumut pada kedua anaknya. Dia berharap kedua anaknya segera diobati dan penyakitnya sembuh.

“Saya berterima kasih pada Pak Gubernur yang akan membawa anak-anak saya ke rumah sakit yang akan dirawat dan akan tahu penyebab sakitnya ini. Mudah-mudahan segera sembuh,” katanya.

Perempuan yang akrab disapa Nisa ini mengaku sudah membawa anaknya berobat ke beberapa rumah sakit, tetapi belum ada perubahan. Gejalanya penyakit pada anaknya sudah ada sejak lahir dan semua anggota tubuhnya masih normal. Upaya yang mereka lakukan saat ini, yakni berobat jalan dan menggunakan obat tradisional.

Reporter: Rls/Sir

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi