Polda Sumut Cegah Peredaran Narkoba dengan Teknologi Digital, Ini Aplikasinya

Peluncuran aplikasi Sumut Bersinar dihadiri Direktur Resnarkoba Polda Sumut Kombes Pol. Wisnu Adji, Kasubdit III Dit Res Narkoba Polda Sumut AKBP Fadris Sangun Ratu Lana, dan Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol. Hadi Wahyudi. (FOTO: ISTIMEWA)

Medan, StartNews – Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumatera Utara membuat terobosan teknologi digital untuk mencegah peredaran narkoba dengan meluncurkan aplikasi bernama Sumut Bersinar.

Peluncuran aplikasi Sumut Bersinar itu dihadiri Direktur Resnarkoba Polda Sumut Kombes Pol. Wisnu Adji, Kasubdit III Dit Res Narkoba Polda Sumut AKBP Fadris Sangun Ratu Lana, Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol. Hadi Wahyudi, serta PJU Polda Sumut lainnya.

Dalam sambutannya, Direktur Resnarkoba Polda Sumut Kombes Pol. Wisnu Adji mengatakan peluncuran aplikasi Sumut Bersinar bertujuan sosialisasi Polri (Polda Sumut) dalam memberantas peredaran gelap narkoba yang semula dilakukan secara konvensional diganti dengan cara digitalisasi berbasi IT.

“Aplikasi Sumut Bersinar yang diluncurkan ini merupakan produk yang diprakarsai AKBP Fadris SR Lana guna mendukung program studi dalam menyelesaikan tugas sekolah di pelatihan kepemimpinan nasional TK-II Kementerian PUPR angkatan V tahun 2021,” jelasnya.

Wisnu Adji mengungkapkan, tren penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Sumatera Utara makin meningkat. Berdasarkan data pada Januari hingga Mei 2021, Dit Res Narkoba Polda Sumut bersama jajaran  berhasil mengungkap 3.037 kasus narkoba.

“Tingginya peredaran narkoba itu mengingat letak geografis Provinsi Sumatera Utara yang berbatasan dengan Provinsi Riau serta berbatasan langsung dengan laut (Selat Malaka) yang menjadi salah satu faktor pintu masuknya peredaran narkoba ke Sumatera Utara, yang sebagian besar menggunakan jalur laut,” ungkapnya.

Untuk menekan tingginya kasus peredaran narkoba,  Wisnu mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai upaya pencegahan dan penindakan dengan mengandeng para tokoh agama, masyarakat, pemuda, adat, mahasiswa, pelajar, serta penggiat narkoba untuk bersama-sama membantu mencegah peredaran narkoba.

“Salah satunya yang kita luncurkan ini, aplikasi Sumut Bersinar merupakan program Polri Presisi dalam mendukung pencegahan tindak narkoba,” tuturnya.

Sementara Kasubdit III Dit Res Narkoba Polda Sumut AKBP Fadris SR Lana mengatakan program aplikasi Sumut bersinar bertujuan mempermudah masyarakat mendapatkan informasi tentang upaya mencegah penyalahgunaan narkoba dengan menggunakan handphone berbasis android.

“Aplikasi Sumut Bersinar sebagai strategi pencegahan penyalahgunaan narkoba berbasis teknologi, mendukung perubahan teknologi kepolisian di era 4.0. Semoga dengan terobosan dan langkah baru ini akan berdampak positif bagi Polda Sumut, khususnya Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut,” terangnya.

Aplikasi Sumut Bersinar dapat digunakan masyarakat dengan cara men-download melalui playstore dari handphone berbasis android. Setelah aplikasi Sumut Bersinar di-download, masyarakat akan menemui sejumlah fitur.

Di antaranya, fitur profil, informasi mengenai jenis-jenis narkoba, penyuluhan, rehabilitasi serta pengaduan dalam membantu tugas kepolisian dalam menangani masalah peredaran penyalahgunaan narkoba.

Reporter: Rls

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi