Ririn Aulia, Anggota Paskibraka Sumut yang Pengen Jadi Polwan

Ririn Aulia, siswi MAN 1 Panyabungan (kanan). (FOTO: ISTIMEWA)

Panyabungan, StArtNews – Bercita-cita jadi anggota Korp Baju Coklat memotivasi Ririn Aulia tekun melatih fisik dan disiplin menjalani aktivitas kesehariannya. Itu pula yang mendasari siswi MAN 1 Panyabungan ini terpilih menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Provinsi Sumatera Utara pada perayaan Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2021.

Ririn terpilih bersama dua rekannya se-Kabupaten Mandailing Natal (Madina), yakni Erisa Putri Bungsu (siswi SMA Negeri 2 Plus Mandailing Natal) dan M. Riski (siswa SMA Negeri 1 Kotanopan).

Menjadi anggota Paskibraka pada perayaan HUT Kemerdekaan RI tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi siswa berprestasi. Itu pula yang dirasakan Ririn. Siswi yang bercita-cita jadi Polwan ini mengaku bangga, karena terpilih menjadi anggota Paskibraka Sumut mewakili Kabupaten Madina. Dia terpilih setelah mengungguli 30 siswa-siswi lainnya.

Alhamdulillah bisa terpilih jadi anggota Paskibraka tingkat Sumatera Utara. Nggak nyangka sih bisa lolos sampai kesana. Target awalnya cuma mau menang di Paskibra sini aja (Madina),” kata Ririn saat dibincangi Ika Rodiah dari startnewsfmmadina.com di sekolahnya, MAN 1 Panyabungan, Jumat (18/6/2021).

Gadis remaja yang hobi melukis dan memasak ini mengungkapkan, tahap seleksi Paskibra tingkat Kabupaten Madina diadakan sejak Mei 2021. Sedangkan pelatihan Paskibraka tingkat Sumatera Utara akan diadakan pada akhir Juli 2021.

“Jadwal pastinya masih menunggu informasi dari Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumut,” tutur remaja putri kelahiran 30 September 2005 ini.

Untuk menjadi anggota Paskibraka, pemilik tubuh setinggi 166 cm ini tidak hanya melewati seleksi fisik, tetapi juga seleksi wawancara pengetahuan umum, termasuk pengetahuan tentang nilai-nilai  Pancasila.

“Tes fisik, tinggi badan, dan berat badan. Semua dites, termasuk kesehatan tubuh. Selain itu, ada wawancara juga, tes pengetahuan umum dan pengetahuan kenegaraan seperti pemahaman tentang nilai-nilai Pancasila. Bahkan, ada tes bahasa Inggris juga,” papar Ririn.

Selain mengabdi pada negara, Ririn pastinya ingin menginspirasi siswa-siswi lainnya untuk tetap semangat mengukir prestasi di tengah-tengah keterbatasan pandemi Covid-19 ini.

Reporter: Ika Rodhiah

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi