Sampah Kembali Menumpuk di Jalanan Panyabungan

Panyabungan, StartNews – Tumpukan sampah kembali mencoreng wajah jalan utama di kota Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina). Warga menyebut sampah menumpuk dan berserakan  akibat belum ada pengangkutan oleh dinas terkait.

Pantauan StartNews di jalan nasional Kelurahan Kayujati, Sabtu (04/09/2021), terlihat tumpukan sampah di pinggir jalan. Bahkan sampah nyaris melebar ke badan jalan di wilayah itu.

Lokasi itu menjadi tempat pembuangan sementara (TPS). Di tempat itu ada enam unit tong sampah yang disediakan. Namun, cuma dua unit tong sampah yang layak pakai, selebihnya sudah rusak dan keropos.

Warga sekitar, Sahreni, menyebut tumpukan sampah terjadi karena belum ada petugas pengangkut sampah yang datang siang ini.

“Belum ada yang angkut, jadi menumpuk begini, biasanya saya lihat mobil angkutan sampahnya biasa pagi, sekira jam sepuluh,” katanya.

Tidak hanya keterlambatan pengangkutan, Sahreni menyebutkan, kurangnya kesadaran masyarakat membuat sampah berserakan. Sampah dibuang tanpa dibungkus plastik. Sehingga, meluber ke badan jalan.

“Ini tampaknya berserekan, karena tak dibungkus. Jadi sampai ke jalan-jalan dan akhirnya menyebabkan bau,” katanya.

Abdul Kholik Nasution, Kepala Bidang Persampahan Dinas LHK Madina, mengatakan sampah yang dipersoalkan sore ini adalah sampah yang datang pada siang hari tadi.

“Karena kita dari petugas angkutan sampah biasanya sudah datang tadi pagi sesuai jadwal pengangkutan sampah,” katanya ketika dihubungi.

Kembali ke persoalan angkutan sampah di Dinas LHK Madina, sebelumnya Dinas PUPR, Perkim dan Dinas Perdagangan Madina meminjamkan satu truknya ke Dinas LHK untuk perbantuan operasional angkutan sampah.

“Namun, sekarang mobil dari Dinas Perdagangan sudah ditarik kembali dengan alasan mobil itu butuh perawatan mesin, karena sudah memakan oli pelumas dan itu pun atas persetujuan Sekda dan ibu Wakil Bupati,” sebutnya.

Reporter: Hasmar Lubis

The post Sampah Kembali Menumpuk di Jalanan Panyabungan first appeared on Start News.

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi