Susah Tidur di Malam Hari? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi.

Tips dan Info – Susah tidur di malam hari dapat membuat kualitas kesehatan kita menjadi terganggu. Imbasnya badan jadi tidak fit, kelelahan dan kita pun jadi tidak bersemangat menjalani aktifitas dihari itu. Jika dilihat, mulai dari dewasa, muda hingga lanjut usia, secara rata-rata manusia membutuhkan tidur 8 jam dalam sehari.

Dalam kondisi normal, orang yang sudah tidur nyenyak butuh pemancing yang signifikan agar bisa terbangun. Misalnya melalui alarm atau mengguncang-guncangkan tubuh berulang kali. Tapi, orang yang susah tidur  biasanya tidak membutuhkan usaha yang keras untuk dibangunkan . penderita ini bisa dengan mudah terbangun lantaran pemantik ringan seperti aroma tertentu, suara kipas angin, atau bias cahaya dari luar kamar.

Berikut beberapa penyebab seseorang mudah terbangun di malam hari yang membuat mereka susah untuk tidur:

  1. Stres dan masalah kecemasan dalam diri

Seseorang akan  jadi semakin susah tidur di malam hari dikarenakan otak yang bekerja keras hingga menimbulkan stress dan kecemasan yang berlebihan. Otak manusia dirancang dapat membedakan hal secara rasional ketika terjaga. Lain halnya saat tidur.  Otak sulit memilah kekhawatiran atau ancaman saat tidur. Untuk itu, pastikan pikiran jernih dan lebih rileks sebelum tidur. Jika kamu memiliki masalah kecemasan, segera konsultasikan ke terapis.

  1. Kelenjar tiroid terlalu aktif

Selain menyebabkan detak jantung yang berubah-ubah , menyebabkan berat badan naik atau turun tanpa sebab.  Kelenjar tiroid yang terlalu aktif juga bisa menyebabkan  susah tidur  di malam hari. Kelenjar tiroid yang terlalu aktif dapat memicu stimulasi berlebihan pada sistem saraf. Imbasnya, detak jantung dapat meningkat dan seseorang gampang cemas. Kamu bisa mengatasinya dengan memeriksa kesehatan tiroid dan mengkonsumsi makanan yang sehat.

  1. Lapar

Terkadang, alasan kenapa susah tidur di malam hari juga bisa berasal dari perut yang lapar. Ini biasanya terjadi pada orang yang makan malamnya terlalu awal sementara jam tidur lama. Jika kamu tidak suka makan malam kamu bisa menggantinya dengan cemilan yang sehat sebelum tidur, untuk mengatasi datangnya rasa lapar yang mendadak di malam hari.

  1. Terlalu banyak mengonsumsi kafein

Mengkonsumsi  kafein yang  berlebihan juga bisa mengganggu jadwal tidur dan mengurangi kualitas tidur seseorang.  Kafein berlebihan dapat memengaruhi siklus tidur alami tubuh, sehingga kamu jadi susah tidur. Terkadang  seseorang sengaja  mengkonsumsi kafein berlebih ini Untuk begadang demi mengerjakan sesuatu yang sudah deadline. Tanpa mereka tahu bahwa kafein yang berlebihan juga tidak baik untuk tubuh. Untuk mengatasinya coba batasi asupan kafein seperti kopi, teh, cokelat, atau soda maksimal dua cangkir per hari, atau jangan mengkonsumsi kafein sebelum jam tidur.

  1. Aktifitas yang berlebih sehingga menimbulkan kelelahan

Tak hanya tekanan mental, tekanan fisik berlebihan berujung kelelahan juga bisa membuat seseorang susah tidur  di malam hari. Aktivitas yang membuat tubuh terlalu lelah dapat meningkatkan suhu inti tubuh, detak jantung, dan tubuh banyak melepaskan adrenalin.  Hal itu bisa memengaruhi siklus tidur alami tubuh. Maka jangan heran, saat terlalu lelah kamu jadi susah tidur nyenyak.  Solusinya  yaitu dengan membatasi aktifitas disiang hari agar tubuh tidak terlalu lelah.

  1. Asam lambung

Penyakit asam lambung naik juga bisa menyebabkan rasa tak nyaman seperti mual, muntah, sakit perut sampai ke dada. Selain itu, saat asam lambung naik, hormon adrenalin juga ikut melonjak.  Dampaknya, orang jadi waspada dan detak jantung meningkat.  Meningkatnya detak jantung membuat seseorang menjadi panik dan susah untuk tidur di malam hari. Oleh karena itu  kamu bisa mengkonsumsi makanan yang sehat dan makan teratur untuk menghindari timbulnya  penyakit asam lambung.

  1. Tidur siang terlalu lama

Penyebab susah tidur  selanjutnya yang tidak kamu duga tapi sangat umum adalah kelamaan tidur siang. Memang tidur siang memberi manfaat yang baik  bagi tubuh kamu, seperti meningkatkan kewaspadaan, mengurangi rasa lelah, membuat suasana hati jadi lebih baik, dan meningkatkan daya ingat. Namun, terlalu lama tidur siang bisa menyebabkan kamu susah tidur pada malam harinya. Oleh karena itu sebaiknya kamu tidur siang hanya 10-20 menit, tidak lebih dari itu. Waktu tidur siang juga tidak boleh lebih dari pukul 3 sore karena dapat menyebabkan seseorang jadi pelupa.

  1. Sibuk main gadget menjelang tidur

Memainkan gadget membuat otak seseorang menjadi lebih aktif. Efeknya ini bisa membuat otak jadi lebih sibuk, dan kamu lebih terjaga. Akhirnya, mata menjadi lebih sulit terpejam. Selain itu cahaya biru dari layar ponsel yang dapat menekan hormon sehingga otak menangkap dan mengartikan sinar tersebut sebagai pertanda hari masih siang yang membuat mata jadi tidak mengantuk. Sebaiknya  seseorang dapat membatasi waktu untuk bermain gadget terlebih ketika menjelang waktu tidur.

  1. Efek samping obat-obatan

Penyebab seseorang susah tidur di malam hari diantaranya dipengaruhi oleh efek obat-obatan yang dikonsumsi nya. Obat-obatan dapat memberi efek samping yang membuat penggunanya menjadi susah tidur. Beberapa obat-obatan itu seperti antidepresan, obat asma dan obat hipertensi yang diresepkan dokter. Solusi nya yaitu kamu bisa mengkonsumsi obat-obatan yang dosisnya tidak terlalu tinggi agar tidak menimbulkan efek samping yang berlebihan.

Reporter: Rls

 

 

 

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi