Taman Lintas Timur juga Butuh Perhatian Pemkab Madina

Taman Lintas Timur di Jalan Lintas Timur, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Madina kurang terawat. Banyak fasilitas bermain untuk anak-anak di taman itu sudah berkarat. (FOTO: STARTNEWS/HASMAR LUBIS)

Panyabungan, StArtNews – Selain Taman Panyabungan, keberadaan taman kota di Lintas Timur, Kecamatan Panyabungan, juga luput dari perhatian Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal (Madina).

Meski suasananya tidak bangus, paling tidak kondisinya harus terawat. Sayangnya, kondisi taman ini tampak kumuh dan terkesan suram.

Taman Lintas Timur di Jalan Lintas Timur, Kecamatan Panyabungan, sebetulnya berada di posisi strategis. Sayangnya, kondisinya terabaikan. Seperti penanda plank merek taman itu, hurufnya kurang satu, cat pada temboknya pun sudah kusam. Tanaman bunga di taman itu juga terlihat gersang.

Areal taman ini dilengkapi lapangan volli. Tak ada fasilitas tempat menampung sampah di lokasi taman ini, sehingga sampah tampak berserakan.

Selain itu, rumput ilalang di taman itu juga tumbuh subur. Akibatnya, areal taman jadi semak-belukar. Sarana bermain untuk anak- anak, besinya juga terlihat sudah karatan.

“Kondisi Taman Lintas Timur ini sepertinya tidak menarik dilihat dan banyak yang rusak seperti fasilitas bermain anak-anak sudah rapuh, bahkan banyak yang tidak terpakai,” kata Rian, seorang pengunjung Taman Lintas Timur Panyabungan, Selasa (13/7/2021).

Dia berharap pemerintah lebih memperhatikan faktor estetika kota. Sebab, menurut dia, wajah Kabupaten Madina bisa dilihat dari kondisi taman sebagai tempat masyarakat berinteraksi sosial.

“Ya, mungkin agak susah ngejar keindahan taman di daerah lain, paling nggak yang ada dulu dirawat,” katanya.

Seperti keberadaan taman atau ruang terbuka hijau di kawasan perkotaan dapat menjadi salah satu sarana membentuk interaksi sosial masyarakat perkotaan.

Taman juga merupakan salah satu kebutuhan vital yang harus terpenuhi di kawasan perkotaan. Fungsinya untuk kelestarian, keserasian, dan keseimbangan ekosistem perkotaan yang meliputi unsur lingkungan, sosial, dan budaya.

Selain itu, taman dapat membantu mereduksi polusi udara yang ada di kota serta dapat digunakan sebagai wadah menciptakan interkasi sosial hingga membentuk budaya sehat bagi masyarakat perkotaan.

Reporter: Hasmar Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi