Terkenal Kayu Antirayap, Meranti Asal Sumut Diminati Pasar Eropa

Petugas Karantina Pertanian Belawan memeriksa kayu meranti yang akan diekspor ke Polandia. (FOTO: BARANTAN)

Belawan, StartNews – Kayu meranti (Shorea spp) dikenal sebagai kayu anti rayap yang banyak diminati di pasar lokal maupun pasar ekspor untuk dijadikan bahan dasar furnitur.

Untuk pasar luar negeri, misalnya, PT KRMS mengekspor kayu meranti sebanyak 8 bundel (1.440 pcs atau 52.6072 meter kubik) senilai Rp 672 juta ke Polandia, belum lama ini.

Untuk memastikan kualitas kayu tersebut memenuhi persyaratan, petugas Karantina Pertanian Belawan melakukan pemeriksaan.

Kepala Karantina Pertanian Belawan Andi Yusmanto memastikan kayu yang diekspor melalui Pelabuhan Belawan itu bukan lagi berbentuk gelondongan, melainkan bentuk olahan. Hal ini dilakukan untuk mendukung program Gratieks (gerakan tiga kali lipat ekspor) melalui hilirisasi produk kayu olahan di dalam negeri dan memenuhi persyaratan ekspor kayu.

“Kayu meranti memiliki potensi yang menjanjikan untuk pasar ekspor. Namun, agar populasi pohon meranti di hutan tidak menipis, sebaiknya budidaya meranti harus dilakukan untuk mengembalikan keseimbangan alam,” kata Andi.

Reporter: Rls

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi