186 Santri Subulussalam Ikuti Manasik Haji

Kotanopan, StArtNews-Sebanyak 186 dari 700 Santri Pondok Pesantren Subulussalam Sayurmaincat, Kotanopan, Kab. Mandailing Natal, Rabu (7/4) mengikuti Manasik Haji yang dilaksanakan Pesantren tersebut.

Manasik haji ini dilaksanakan dalam rangka ujian akhir praktik kelas XII dan Kelas IX . Pelaksanaan berlangsung dalam dua Minggu ini. Praktik manasik dibimbing secara langsung oleh Kepala Aliyah Subulussalam, H. Esmin Pulungan, S.Ag dan para guru mengambil tempat di pesantren dan tanah lapang Desa Sayurmaincat.

H. Esmin Pulungan, S.Ag kepada StArtNews mengatakan, tujuan manasik haji ini dilaksanakan selain bentuk praktik ujian akhir untuk kelas XII dan kelas IX juga agar para santri tahu bagaimana prosesi pelaksanaan ibadah haji yang sebenarnya.

Menurutnya, selam ini santri hanya diberikan pelajaran teori ibadah haji. Namun, kali ini santri dikenalkan secara langsung bagaimana proses pelaksanaan ibadah haji mulai berangkat dari Indonesia sampai dengan Tawaf Wada.

Untuk jumlah Santri yang ikut Manasik ini sebanyak 186 orang. Manasik ini merupakan agenda tahun yang terus dilaksanakan.

Pantaun di lapangan, para santri mengikuti manasik ini dengan baik dan khusyuk. walaupun ini hanya sebatas Manasik, para santri terlihat cukup memahami bagaimana proses pelaksanaan ibadah haji.

Reporter: Lokot Huda

Editor: Roy Adam

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi