Hak Cipta @Redaksi

2 Desa di Kecamatan Natal, TPID Kembangkan Liquid Smoke dan Rosella Water

Natal, StArtNews- Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal melakukan kunjungan ke dua desa yakni di Desa Sikara-kara I dan Desa Tunas Karya pada tanggal 18 November 2018.

TPID Kec. Natal yang beranggotakan Wildansyah Putra Hasibuan, Nuri Anggraini, Destriati, Andika, Ika Puspita Sari, Lawaul Hamdi beserta Camat Natal bersama-sama melakukan kunjungan ke Desa Sikara-Kara I dan Desa Tunas Karya dalam pengembangan inovasi, Asap cair (Liquid Smoke) dan Rosella Water.

Ketua TPID Kecamatan Natal Wildansyah Putra Hasibuan, S.EI mengatakan dalam pengembangan inovasi ini yang juga dibantu dengan aparat desa berhasil mengembangkan Asap cair (Liquid Smoke) di Desa Sikara-kara I, Asap Cair (Liquid Smoke) ini bisa digunakan menjadi 3 Tipe grade yakni Grade 3 yang manfaatnya bisa digunakan untuk pengawet kayu agar terhindar dari binatang (Rayap), dan pengental serta penghilang bau untuk jenis lateks juga sebagai Herbisida.

Tipe grade 2 bisa digunakan untuk pengawet makanan sebagai pengganti formalin yaitu untuk Daging asap dan Ikan asap. Sementara, tipe grade I digunakan sebagai pengawet makanan siap saji seperti Bakso, Mie, Tahu dan yang lainnya.

Asap cair (Liquid Smoke) ini merupakan suatu hasil destilasi atau pengembunan dari uap hasil pembakaran tidak langsung maupun langsung dari bahan yang banyak mengandung karbon dan senyawa,” ujarnya (28/11/18).

Bahan baku pembuatan asap cair ini juga mudah didapatkan di sekitar lingkungan diantaranya serpihan kayu, tempurung kelapa, dan cangkang kelapa sawit. Namun bahan baku yang digunakan dalam pengembangan ini adalah bahan baku dari tempurung kelapa.

Sementara pengembangan yang berjenis Rosella Water dan Teh Merah Rosella di kembangkan di Desa Tunas Karya, yang berasal dari tanaman bunga Rosella yang bermanfaat bagi kesehatan.

“Rosella ini juga bisa menyehatkan Tubuh seperti menurunkan Kolestrol, Tekanan Darah Tinggi, asam urat serta menurunkan berat badan berlebih atau Obesitas,” katanya.

Dalam hal ini juga Camat Natal Riflan, S.Sos mengapresiasi pengembangan inovasi ini karena sangat bermanfaat untuk masyarakat Kecamatan Natal, disamping itu juga dapat menambah income Desa tersebut untuk kedepannya.

Reporter : Hasmar Lubis

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...