2019 Produksi Gabah Optimis Meningkat

Panyabungan, StArtNews – tahun ini, perkiraan produksi gabah petani di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara akan meningkat, peningkatan gabah petani terlihat dari bulan Januari sampai dengan  Maret pada tahun 2019 ini gabah padi petani di Mandailing Natal yang baru terserap oleh Bulog mencapai sekitar 2,507% .hal ini diungkapkan Kepala Seksi Komersial Pengamanan Bisnis Bulog Rifpan Pinayungan dalam Sosialisasi Sergap Kepada Poktan Madina .

dikatakannya, ” Sebelumnya Bulog memang belum menargetkan, namun pada tahun 2018 kemaren kita targetkan berkisaran 7% samapai 10% dari hasil potensi gabah petani di Mandailihg Natal tapi kenyataannya pada tahun 2018 itu hanya sedikit yang kita serap.”

Untuk itu Bulog juga bekerja sama dengan Babinsa TNI serta Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) agar mengajak petani untuk menjual gabahnya pada Bulog, bila perlu Bulog yang akan menjemput hasil panen petani dari sawah sampai ke kilang pengolahan. tegas Rifpan Pinayungan.

Acara  Sosialisasi Serap Gabah Petani (Sergap) terhadap Kelompok Tani (Poktan) di Mandailing Natal yang berada di wilayah Kodim 0212 Tapanuli Selatan khususnya di Kabupaten Mandailing Natal pada Tahun 2019  turut di hadiri Bupati Mandailing Natal diwakili Asisten III Muhammad Syafei Lubis dan Dandim 0212 Tapanuli Selatan di wakili Danramil Panyabungan Abdul Kodir Harahap serta Danramil yang ada di Kecamatan Mandailing Natal dan pejabat dari Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan Mandailing Natal.

Muhamad Safey Lubis Asisiten III dalam sambutannya mengatakan, adanya sosialisasi ini diharap Mandiling Natal bisa kearah lebih baik dan mempertahakan Mandailing Natal sebagai lumbung beras.

Dan berharap kepada pihak Bulog untuk memberikan penjelasan yang se lugas- lugasnya agar para tekhnis pertanian menyampaikan informasi yang disosialisasikan tidak salah menyampaikan kepada masyarakat petani Mandailing Natal tentunya masyarakat petani optimis mengharapakan harga gabah bisa naik.

Sementara itu Dandim Tapanuli Selatan 0212 melalui Danramil Panyabungan Abdul Kodir Harahap mengucapakan terimakasih yang banyak terhadap peserta sosialisasi yang hadir dari berbagai daerah Kecamatan di Mandailing Natal .

Dia mengatakan, melalui sosialisasi Sergap ini bertujuan untuk membantu Pemerintah dalam mempercepat penyerapan gabah pateni di Bulog.

“Lewat mekanisme sosialisasi ini kedepan untuk diharapkan Bulog mampu menyerap gabah padi para petani di Mandailing Natal sesusai dengan target yang di tetapkan,” ujaranya.

 

Reporter : Hasmar Lubis

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi