439 Mahasiswa STAIN Madina Diospek

Mandailing Natal, StArtNews- Sebanyak 439 orang Mahasiswa baru Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Mandailing Natal,  diospek atau Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Tahun Akademik 2018/2019 STAIN Madina di Gedung Serba Guna, Rabu (26/9).

Ketua STAIN Madina Dr. H. Torkis Lubis D.E.S.S dalam pidatonya menyampaikan Mahasiswa Baru STAIN Madina sebanyak 439 orang dengan terbagi dua jurusan.

“Jurusan Pendidikan Agama Islam sebanyak 185 orang, dan Jurusan Hukum ekonomi syariah sebanyak 254,”jelasnya.

“Untuk acara PBAK atau ospek ini kita laksanakan selama dua hari 26-27 September dengan mengakat tema Dengan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan membentuk insan peduli sosial, Akademik dan berbudi luhur.”

“Tujuan dari PBAK untuk mengembangkan pemahaman dan pengetahuan mahasiswa baru terhadap sejarah STAIN Madina serta terhadap sistem pendidikan perguruan tinggi,”ucapnya.

“Memupuk spritual, emosional, intelktual dan sosial dan memupuk semangat solidaritas dan toleransi di antara akademis. Serta mengembangkan rasa memiliki dan tanggung jawab akademik sesuai dengan pilihan,”ucapnya.

Masih kata Torkis, kita juga mempunyai program untuk bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Bahasa Arab untuk memperlacar baca Al Quran, dan bahasa Inggris untuk bisa bersaing di dunia.

“Saya perlu tegas kepada Mahasiswa baru ini, kedepannya, jika nantinya tidak bisa Al-Quran maka ijazah nya tidak akan di berikan,” tegasnya.

Bupati Madina Drs. H. Dahlan Hasan Nasution menyematkan tanda peserta ospek Mahasiswa baru STAIN Madina

Sementara arahan Bupati Madina Drs. H. Dahlan Hasan Nasution pada acara pembukaan PBAK menyampaikan, kepada mahasiswa Baru STAIN Madina yang baru, kalian adalah generasi pemimpin di masa yang akan datang, untuk itu belajarlah dengan baik.

“Kalian itu adalah harapan kami, kami sebagai orang tua akan berdoa agar kalian menjadi pemimpin di masa yang akan datang, paling tidak kalian akan jadi Bupati,”ucapnya.

“Dan kami juga berharap kepada mahasiswa baru ini supaya menggantungkan cita-citanya setingi tingginya,” harap Bupati.

“Belajarlah kalian dengan sungguh-sungguh untuk meraih cita kalian. Selain belajar kalian juga harus membentengi diri kalian dengan ketakwaan dan adat Budaya,”ujarnya.

“Perlu kalian ketahui untuk mendirikan STAIN Madina dengan perjuangan panjang, mulai dari Dosen hingga pemerintah, untuk itu kami berharap kepada mahasiswa baru untuk menjaga nama baik STAIN,”ucapnya.

Lanjut Bupati, “pesan kami terakhir kepada adek mahasiswa baru agar menjauhi Narkoba, karena ini bisa merusak kita.”

“Jika ada yang kedapatan menggunakan Narkoba, saya yang langsung memberhentikannya,”tegas Bupati.

Reporter : Putra Saima

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...