5 Ide Bisnis Kecil-kecilan yang Bisa Kamu Mulai dengan Teman

Foto: Ilustrasi Bisnis Baru

Ada banyak keuntungan dari memulai bisnis sendiri. Selain kamu dapat belajar mengenai mengelola bisnis, kamu juga dapat merasakan bahagianya memiliki pendapatan dari bisnis yang kamu jalani sendiri. Meski begitu, berbisnis bukan berarti tidak ada risiko yang harus dihadapi.

Bagi kamu yang baru saja ingin memulai bisnis, ada baiknya kamu mengajak teman terbaik dan yang paling kamu terpercaya untuk membangun bisnis bersama. Selain dapat menambah modal dari hasil patungan, kamu juga dapat menanggung beban risikonya bersama-sama. Buat kamu yang masih bingung ingin berbisnis apa bersama teman, ini dia beberapa ide bisnis kecil-kecilan yang bisa kamu mulai dengan bujet terjangkau.

1. Bisnis baju bekas alias thrift shop

Bisnis baju bekas atau yang lebih dikenal dengan istilah thrift shop saat ini banyak dicari oleh masyarakat khususnya di kalangan anak muda. Berbisnis baju bekas memungkinkan kamu untuk memulai bisnis dengan modal kecil. Kamu bisa memanfaatkan baju bekas milikmu atau temanmu untuk dijual. Selain dapat menjadi keuntungan, dengan bisnis thrift shop kamu ikut melestarikan lingkungan karena baju yang tidak terpakai dapat dipakai oleh orang lain alih-alih membuangnya dan menjadi limbah.

  1. Bisnis Makanan

Siapa yang tidak suka makan? Makanan menjadi kebutuhan primer masyarakat. Jadi, mulailah membangun bisnis makanan yang kamu dan temanmu sukai. Kesukaanmu terhadap jenis makanan yang kamu jual dapat menambah kebahagiaan dalam menjalani bisnis. Semisal, kamu dan temanmu sama-sama menyukai dessert manis seperti donat, kamu dapat bekerjasama dengan sahabatmu untuk menjual donat dengan target pasar orang terdekat terlebih dahulu, seperti teman kerja atau kuliah.

3. Bisnis produk yang dibutuhkan lingkungan sekitar

Tak perlu jauh-jauh mencari, terkadang peluang bisnis terdapat dalam lingkungan kita sendiri. Mulailah melakukan riset dengan cermat kebutuhan lingkungan sekitar yang dapat menjadi peluang bisnismu. Misalnya, di lingkungan kerjamu banyak teman yang sudah memulai gaya hidup sehat. Hal ini dapat menjadi kesempatanmu untuk memulai bisnis katering sehat ataupun peralatan olahraga.  Seru ‘kan?

4. Jadi reseller atau buka jasa titip

Menjadi reseller atau jasa titip juga menjadi bisnis yang cukup menjanjikan di masa modern ini. Selain kamu tidak perlu memiliki modal besar, kamu juga tidak perlu pusing mencari produk dagangan karena kamu hanya perlu mempromosikan produk yang dijual oleh orang lain. Bagi kamu yang belanja kamu juga punya bakat untuk menjadi seorang jastipers nih. Kamu bisa jalan-jalan sambil berbisnis!

5. Event Organizer kecil-kecilan

Merayakan sesuatu mulai dari ulangtahun, bridal shower dan sebagainya telah menjadi gaya hidup masyarakat terutama di perkotaan. Dengan gaya hidup tersebut, kebutuhan masyarakat akan penyelenggara acara tentunya semakin tinggi. Berkolaborasi dengan sahabatmu dalam merancang acara kecil-kecilan dapat menjadi langkah kecil yang bermanfaat untuk memulai bisnis. Kamu juga bisa mengembangkan bisnis kamu untuk hal yang berkaitan dengan event seperti membuka bisnis penyedia box untuk untuk packaging produk atau pembuatan souvenir dan lain-lain.

Memulai bisnis kecil-kecilan akan menjadi wujud nyata kamu untuk ikut berkontribusi mengembangkan bisnis UKM yang nantinya diharapkan juga dapat berkembang besar dan membuka lapangan pekerjaan. Karena berbagai hal positif dapat terwujud jika dimulai bersama. Buat kamu pemilik bisnis yang ingin melebarkan sayap namun terhalang modal, kamu bisa mengajukan pendanaan bisnis kamu melalui Bizhare, platform Equity Crowdfunding di Indonesia, yang akan membantu mewujudkan mimpi bisnismu. Yuk, bakar semangat memajukan bisnis UKM.

Sumber: Hipwee

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi