5 Jenis Tanaman untuk Menurunkan Berat Badan

Tips dan Info – Usaha menurunkan berat badan memang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya memanfaatkan tanaman yang mungkin sudah tidak asing lagi atau pernah Anda temui.

Biasanya, penggunaan tanaman erat kaitannya dengan pengobatan herbal. Tapi, ternyata ada juga jenis tanaman untuk menurunkan berat badan secara efektif. Seperti berikut dilansir dari Healthline.

1. Ekstrak biji kopi mentah

Ekstrak biji kopi mentah yang tidak dipanggang juga termasuk jenis tanaman untuk menurunkan berat badan karena mengandung tinggi asam klorogenat.

Senyawa asam klorogenat berkhasiat dalam menjaga kadar gula darah tubuh, menurunkan tekanan darah, sampai mengatur proses metabolisme jadi lebih maksimal.

2.  Cabai Rawit

Selain memberi cita rasa pedas saat dikonsumsi, senyawa capsaicin pada cabai rawit disebut dapat membantu menurunkan berat bada. Capsaicin dipercaya mampu meningkatkan proses metabolisme.

Capsaicin juga dapat mengurangi rasa lapar untuk membantu penurunan berat badan, serta meningkatkan jumlah kalori yang dibakar sepanjang hari.

3.  Kunyit

Begitu juga dengan tanaman kunyit. Tanaman satu ini mengandung kurkumin yang efektif melawan peradangan hingga membantu penurunan berat badan.

Sebuah studi menunjukkan, konsumsi kunyit dua kali sehari selama satu bulan cukup efektif mengurangi lemak perut, serta meningkatkan penurunan berat badan hingga 5 persen.

4.  Jintan

Jintan merupakan bagian dari tanaman berbunga keluarga peterseli dengan rasa pedas. Jintan berkhasiat untuk melunturkan lemak-lemak tubuh.

Terlebih jika Anda mengonsumsi suplemen jintan tiga kali sehari, efeknya akan cukup maksimal dalam menurunkan berat badan.

Jenis tanaman untuk menurunkan berat badan ini bisa diolah menjadi campuran bahan makanan atau diminum seperti teh supaya penyerapan lebih efektif.

5. Kayu Manis

Kayu manis adalah tanaman aromatik penghasil rempah yang terbuat dari kulit bagian dalam pohon dan masuk ke genus Cinnamomum.

Tidak hanya tinggi antioksidan, para peneliti membuktikan adanya senyawa spesifik yang ditemukan dalam kayu manis untuk menurunkan kadar gula darah.

Sumber : cnnindonesia.com

 

 

 

 

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi