5 Minuman Enak, Bisa Memberi Asupan Elektrolit

Foto: Illustrasi Minuman Sehat

Tips & Info – Tubuh memerlukan asupan eletrolit yang cukup agar beberapa fungsi organ tubuh berfungsi optimal. Salah satunya melalui minuman kaya elektrolit ini.

Elektrolit adalah mineral dalam tubuh yang memberi pasokan listrik. Mineral tersebut antara lain sodium, potassium, kalsium, bikarbonat, magnesium, klorida dan fosfat. Mineral ini sangat berperan penting dalam fungsi berbagai organ tubuh.

Kalsium dan magnesium diperlukan untuk kontraksi otot. Jika asupan elektrolit kurang kesehatan bisa terganggu. Seperti dehidrasi yang disebabkan oleh elektrolit yang tidak seimbang. Elektrolit berperan penting pada fungsi otot, tekanan darah, dan fungsi syaraf.

Asupan elektrolit harian bisa dijaga dengan mengonsumsi minuman yang kaya akan elektrolit. Dirangkum dari USnews dan beberapa sumber, berikut ini 5 minuman kaya elektrolit yang bisa dikonsumsi, terutama setelah berolahraga berat.

  1. Air Kelapa

Air yang terdapat dalam kelapa muda atau kelapa biasa ini sangat menyegarkan. Rasanya manis alami dengan aksen sedikit asam. Setiap 240 ml air kelapa bisa memberi asupan 470 ml potassium dan 25 mg sodium.

Atlit dan mereka yang habis bekerja fisik yang berat atau berolah raga perlu waspada dengan asupan sodium. Sodium paling banyak hilang dalam keringat. Karenanya jika berkeringat banyak perlu segera mengasup sodium.

Air kelapa dikenal sebagai pengganti minuman energi yang menyehatkan. Selain rasanya manis enak juga mudah didapat dengan harga terjangkau. Makin enak diminum dingin.

  1. Jus Buah Murni

Beragam jenis buah banyak mengandung air dan elektrolit, seperti jeruk dan semangka. Jus buah itu mengandung magnesium, potassium dan fosfor.

Jus buah murni dan alami, 100% mengandung vitamin dan antioksidan yang tinggi. Untuk jus buah yang terlalu manis bisa ditambahkan air. Sebaiknya buat jus buah segar sendiri tanpa tambahan gula atau pemanis.

Setiap 100 gram buah semangka mengandung 92 gram air, 26 kalori, 93.8 mg kalium, 7 mg kalsium, 12 mg fosfor dan 7 mg natrium. Sedangkan setiap 100 gram jeruk mengandung 53 kalori, 166 mg kalium 10.58 gula dan 1,8 g serat.

  1. Smoothies

Smoothies biasanya diracik dengan berbagai buah segar dan sayuran. Minuman ini merupakan solusi cepat untuk mengganti elektrolit tubuh terutama setelah berolahraga berat dan banyak berkeringat.

Ada banyak buah dan sayur segar yang enak dicampur jadi smoothies yang menyegarkan. Seperti pisang, jeruk, bayam, kale, mangga, apel, strawberry, kembang kol dan lainnya. Padukan buah dan sayur dengan mempertimbangkan rasanya.

Kamu bisa memadukan jeruk dengan pisang dan bayam. Atau kale dengan apel dan strawberry. Racik saat akan diminum dan habiskan segera smoothies agar zat gizinya tidak hilang atau berkurang. Sebaiknya tidak menambahkan pemanis pada smoothies.

  1. Susu Nabati

Susu dari bahan nabati kini sedang digemari banyak orang. Disukai oleh pelaku hidup sehat atau mereka yang alergi laktosa dan tidak bisa minum susu sapi. Susu dari almond, kacang kedelai, santan atau oat rasanya gurih dan kental seperti susu sapi.

Susu nabati ini merupakan sumber elektrolit yang baik. Meskipun kandungan elektrolitnya di bawah susu sapi tak perlu khawatir. Beberapa produk susu nabati ini

  1. Minuman Energi

Di pasaran banyak sekali minuman energi yang ditujukan pada mereka yang berolah raga berat atau banyak mengeluarkan keringat. Minuman ini cocok diminum bagi mereka yang sudah olah raga selama 1 jam di udara panas atau lembap.

Dalam 1 gelas minuman energi mengandung 110 mg sodium, 30 mg potassium dan 14 gram karbohidrat. Minuman ini memang dibuat untuk bisa memberikan asupan elektrolit segera.

Kamu bisa mendapatkan minuman ini di swalayan atau mesin minuman. baca dengan teliti komposisi bahannya sebelum memilih. Ada beberapa minuman energi yang ditambahkan kafein agar orang tetap bugar terjaga.

Sumber: detik.com

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi