Anggaran DD Tak Transparan, Musdes Gunung Tua Jae Ricuh

Foto: Musdes Gunung Tua Jae Ricuh

Panyabungan, StArtNews-Musyawarah desa (Musdes) yang dilaksnakan di gedung Madrasah Gunung Tua Jae, Panyabungan dalam rangka pembahasan dana desa tahun 2020, Kamis (30/1) kemarin, berakhir ricuh.

Kericuhan terjadi akibat masyarakat yang hadir dalam musdes itu tidak menerima atau menolak penggunaan dana desa tahun 2019 yang masih banyak belum dikerjakan. Masyarakat merasa dibodoh-bodohi aparat desa. Maka dari itu masyarakat pun menolak pelaksanaan musyawarah dana desa tahun 2020

Salah satu masyarakat Desa Gunung Tua Jae kepada wartawan mengatakan kericuhan terjadi akibat tidak adanya transparansi Kepala Desa dalam pengelolaan dana desa selama ini kepada masyarakat.

“Ketika musyawarah ini dilaksanakan, kami masyarakat Desa Gunung Tua Jae merasa gerah dengan ketidaktransparanan Kepala Desa dalam penggunaan dana desa ini. Bisa kita lihat beberapa item kegiatan pembangunan pada tahun 2019 seperti pembangunan drainase, rehab Mmadrasah dan pembangunan jalan tidak dilaksanakan oleh Kepala Desa. Kami pikir lebih baik kami tidak menerima dana desa lagi pada tahun ini apabila seperti ini pengelolaannya,” ungkapnya.

Dia juga mengatakan, selama ini mereka merasa dibodoh-bodohi oleh Kepala Desa karena seluruh masyarakat desa tidak pernah diundang untuk mengikuti musyawarah dana desa pada tahun-tahun sebelumnya. Hanya orang-orang dekat yang diundang oleh Kepala Desa.

“Hampir seluruh masyarakat Desa menolak untuk dilaksanakannya musyawarah tersebut karena kami sudah merasa di bodoh-bodohi selama ini. Baru kali ini semua masyarakat diundang dalam musyawarah dana desa. Selama ini hanya orang-orang dekatnya saja yang diundang oleh kepala desa dan kami tidak mengakui absensi yang sudah kami tanda tangani tersebut. Kami meminta diselesaikan dulu pembangunan dana desa tahun lalu baru dilaksanakan kembali musyawarah ini,” tegas Faisal.

Meskipun sudah dapat penolakan dari masyarakat, pihak aparat desa tetap melanjutkan musyawarah penggunaan dana desa tahun 2020.

Reporter: Saima Putra

Editor: Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi