Bawaslu Adakan Bimtek ke Panwascam se-Madina

Mandailing Natal, StArtNews – Dalam rangka penguatan kapasitas Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang akan melaksanakan pelatihan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) dan Saksi peserta Pemilu 2019.

Pada Minggu kemarin (24/03/19), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mandailing Natal mengadakan Training Of Trainer (TOT) Bimbingan Tekhnsi (Bimtek) bagi Panwascam se-Kabupaten Mandailing Natal.

Dalam TOT tersebut, dihadiri Narasumber dari Bawaslu Provinsi Sumatera Utara,  Divisi Organisasi dan Sumber Daya Manusia, Johan Alamsyah.

Dirangkaian acara dilakukan simulasi proses PTPS hingga sampai perhitungan surat suara.

Ketua Bawaslu Mandailing Natal Joko Arip Budiono menekankan agar Panwascam nantinya memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada PTPS dan Saksi Parpol yang akan bertugas dalam pemilihan pada 17 April mendatang.

“PTPS dan Saksi Parpol akan di Bimtek oleh Panwascam, makanya dalam TOT ini juga memberikan wawasan bagi Panwascam agar bisa melaksanakan Bimtek ini dengan baik,” ucapnya.

Sementara Koordinator Divisi Organisasi Bawaslu Provinsi Sumatera Utara, Johan Alamsyah menyampaikan, di kegiatan Bimtek ini potensi kerawanan dan ketidak sesuaian prosedur sudah bisa membandingkan benar dan salah jika terjadi di TPS.

“Persoalan teknis terkait tahapan pemungutan dan perhitungan surat suara yang tidak sesuai atau pelanggaran yang terjadi di pegelaran TOT ini, Panwascam sudah mengerti tindakan yang bisa dilakukan,” katanya.

Ditambahkan oleh Koordinator Divisi Hubungan Antar Lembaga, Maklum Pelawi, ST. beharap pemebelajaran yang sudah di dapati di kegiatan Bimtek ini bisa di terapkan kepada pengawas yang berada di tingkat kelurahan maupun Desa agar PTPS dibekali dengan maksimal.

 

Reporter : Hasmar Lubis

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi