Hak Cipta @Redaksi

Bentuk Karakter Siswa, SMP N 2 Panyabungan Adakan Berbagai Kegiatan Rutin

bentuk-karakter-siswa-smp-n-2-panyabungan-adakan-berbagai-kegiatan-rutinPanyabungan.StArtNews-SMP Negri 2 Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal mengadakan pembinaan dengan kegiatan ekstrakurikuler bagi para siswanya. Upaya ini dilakukan untuk membentuk siswa-siswi agar lebih berkarakter.
Kepala SMP Negeri 2 Rizal Efendi Lubis, S.Pd kepada StArtNews, Kamis (1/12) di ruang kerjanya mengatakan, bahwa ekstrakurikuler yang diadakan sekolah sangat penting bagi peserta didik dalam mengembangkan kemampuan di luar bangku kelas.
Di SMP Negeri 2 Panyabungan jelas Rizal, terdapat berbagai kegiatan, diantaranya kegiatan olahraga, seni dan keagamaan. “Ada berbagai cabang olahraga, bulu tangkis, bola volly, sepak bola, tennis meja dan atletik dan lain – lain,” ujar Rizal.
Selain kegiatan olahraga, seni juga ada, hal ini dibuktikan dengan sudah terbentuknya sanggar tari SMP Negeri 2 Panyabungan.
Lebih lanjut dia menyampaikan, sebelum memasuki proses belajar mengajar, pihaknya juga dengan siswa-siswi melaksanakan rutinitas membaca Al Qur’an tiga kali seminggu, yakni hari Selasa, Rabu dan Kamis.
“Kita fasilitasi untuk siswa yang mau menghafaz Qur’an. Target hafaz Juz 30. Kalau untuk belajar lagu dan pidato kita adakan di hari Sabtu, disamping itu semua, siswa juga sholat berjamaah pada waktu zuhur dan ashar,” ungkap Rizal.
Kegiatan pramuka serta UKS pun dilaksanakan di SMP Negeri 2 Panyabungan ini. Pembimbing memiliki tugas dan tanggung jawab mendampingi dan mendidik secara kognitif, afektif dan psikomotorik. Sehingga siswa dapat mengembangkan bakat dan minat masing-masing.
Tujuan ekstrakurikuler, lanjutnya, harus diseragamkan. Artinya dari awal dan hingga akhir peserta dapat diketahui hasilnya. Harus ada penambahan sikap yang lebih baik dari sebelumnya. Siswa yang mengikuti ekstrakurikuler itu tidak hanya mengisi waktu luang saja, tetapi dengan sikap persepsi yang sesuai dengan tujuan yaitu menjadi anak yang berkarakter. Sebagai contoh ekstra pencak silat, dengan tambahnya ilmu , seperti ilmu padi, semakin berisi semakin merunduk.
“Tujuan kita adalah untuk membentuk karakter siswa supaya beriman dan bertaqwa dan mempunyai kemampuan bidang akademik,” harapnya.
SMP Negeri 2 Panyabungan yang jumlah siswanya 930 ini sudah banyak meraih prestasi, untuk tingkat kabupaten sekolah tersebut mendominasi diberbagai ivent. Bahkan, sekolah yang dipimpin Rizal Efendi Lubis itu sering menjadi utusan kabupaten ke tingkat Provinsi Sumatera Utara dalam mengikuti F2LSN dan O2SN seperti mengikuti kompetisi pencak silat, bulu tangkis, menari dan story telling.
“Siswa setelah lulus dari sekolah ini, diharapkan mampu mengembangkan diri untuk mampu bersaing dengan sekolah-sekolah yang berprestasi di Sumatera Utara.

Reporter : Zein Nasution

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...