Hak Cipta @Redaksi

Bupati Madina Minta Warga Tanam Sereh Wangi

Foto : Bupati Kabupaten Mandailing Natal Drs. Dahlan Hasan Nasution.

Kotanopan, StArtNews – Bupati Mandailing Natal Drs. Dahlan Hasan Nasution meminta warga Kabupaten Mandailing Natal agar menanam tanaman Sereh Wangi di lahan-lahan kosong/kebun atau lahan pekarangan rumah masing masing. Sebab, selain warga terbantu secara ekonomi juga sangat berguna untuk kesehatan.

“Saya minta warga agar segera menanam Sereh Wangi di kebun, lahan kosong atau pekarangan rumah masing masing. Jangan ada lagi tanah kosong di tumbuhi ilalang, karena tidak digarap.  Mari kita ganti dengan tanaman Sereh Wangi,” ujar Bupati saat memberikan sambutan dalam penilaian verifikasi lapangan nominasi tingkat Nasional hatinya PKK tahun 2019 di Desa Sayur Maincat Kotanopan.

Dikatakan Bupati, menurut informasi yang kita dapat dari Bapak Menko Perekonomian, tanaman Sereh Wangi asal Madina mempunyai kualitas nomor satu di dunia. Ampasnya saja dilemparkan ke sawah akan sangat ampuh menghalau hama.  Jadi tidak perlu lagi menjaga tanaman padinya.

Bupati juga berharap agar masyarakat bersama-sama menjadikan perkebunan sereh wangi sebagai komoditas unggulan dari Kecamatan-kecamatan yang ada  Madina.

“Pengembangan sereh wangi memiliki potensi yang sangat luar biasa dalam mendongkrak perekonomian masyarakat,” ungkap Bupati.

Dahlan mengatakan,  hasil suling sereh wangi banyak digunakan untuk pengusir serangga, sabun mandi, obat minyak urut, pestisida nabati dan bio adiktif.” Jadi potensi pasar minyak yang dihasilkan sereh wangi memiliki permintaan pasar yang sangat luas,” pungkas Bupati.

 

 

Reporter : Lokot Husda

Editor : Hanapi Lubis

 

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...