Dahlan Hasan Turun Langsung Ketengah Sungai Selamatkan Rangka Jembatan Yang Terbawa Arus Sungai Batang Gadis

Tambangan.StArtNews– “ saya salut dengan Bupati Mandailing Natal Bapak Dahlan, dia seperti bukan seorang Bupati, karena terjun langsung ke sungai yang begitu deras dengan anggotanya entah pejabat atau tidak, tapi saya melihat itu rombongannya anak anak muda semua. Dengan tidak memandang jabatannya, dia bahkan turun ke sungai untuk melakukan pengangkatan rangka baja jembatan yang hanyut terbawa arus sungai batang gadis” papar salah seorang warga Tambangan Rahmad pada StArNews sabtu siang 03/11.

Sambil menonton, Rahmad 53 tahun itu melihat langsung Bupati Mandailing Natal Drs.Dahlan Hasan Nasution dengan rombongannya berupaya sedaya mampu dengan dibantu alat berat mengangkat rangka baja jembatan yang sudah berada di tengah sungai Batang Gadis .

Dikatakan Rahmad, sangat jarang ditemukan sosok peminpin seperti beliau yang tidak memandang posisinya sebagai Bupati, diusianya yang sudah tidak muda lagi masih gesit mengikatkan tali tambang ke alat berat dengan kondisi derasnya arus sungai batang gadis, sesekali terdengar perintah “ Tarik “ kepada operator alat berat.

Pada Jumat malam 02/11, jembatan Bally yang menghubungkan 7 Desa di Kecamatan Tambangan hanyut terbawa arus sungai batang gadis, tidak itu saja, tepat disamping jembatan Bally milik TNI tersebut, ada sebuah jembatan yang sedang dalam proses pemasangan rangka baja yag akhirnya ikut terbawa arus sungai batang gadis.

Dikethui, jembatan yang dalam proses pemasangan rangka baja tersebut merupakan Proyek Pemda Mandailing Natal tahun 2018 ini  yang nilai Anggarannya mencapai Milyaran Rupiah  dikerajakan oleh CV.Andalas Raya .

Pura Saima Reporter StArtNews melaporkan ada sekita 100 meteran, rangka baja  jembatan tersebut terseret arus sungai bersamaan dengan Jembatan Bally . Bupati yang turuntangan langsung untuk mengangkat rangka baja Jembatan dari tengah sungai itupun terlihat kesulitan  meski dibantu dengan alat berat.

Kondisi ini disebabkan banyaknya batu batu besar di dasar sungai yang menghambat proses pengangkatan rangka jembatan ditambah posisi Rangka Baja Jembatan berdekatan dengan Jembatan Bally yang hanyut terbawa arus sungai.

Bupati Mandailing Natal Drs.Dahlan Hasan Nasution mengatakan, Kalau tidak secepatannya kita tarik rangka jembatan tersebut dari dalam air, akan bisa hanyut. Jika hanyut kerugian kita akan bertambah,”ucap Bupati Madina kepada wartawan.

“ Sebelum air meluap lagi kedua rangka jembatan ini diusahakan untuk di angkat dari dalam sungai,”

Sementara Kadis PUPR Madina Syahruddin ST yang di konfirmasi mengakui bahwa saat ini proses penyelesaian pemasangan rangka baja jembatan memang sedang berlansung, namun karena kondisi bencana alam, proyek tersebut dipastikan akan tertunta penyelesaiannya.

Dijelaskan Syahruddin, pekerjaan pembuatan rangka baja jembatan tersebut dialokasikan anggarannya dari APBD tahun 2018 ini, proses  pekerjaan sendiri sudah berlangsung  35 persen  Dalam pengawasan PU, proses selesainya jembatan tinggal 15 meter lagi namun karena kondisi bencana alam seperti ini, kita akan mengkaji ulang proses pembangunanya sembari berupaya semaksimal mungkin menyelamatkan rangka baja yang sudah terbawa arus sungai.

Reporter : Putra Saima

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi