Dahlan : Hati Saya Ada di Batang Natal

Batang Natal, StArtNews-Bupati Mandailing Natal Drs. Dahlan Hasan Nasution dalam acara Launching Program Inovasi UPTD Puskesmas Muara Soma yang diikuti 31 desa se-Kecamatan Batang Natal, Kamis (27/08) mengungkapkan meski saat ini ia adalah milik masyarakat Madina, tapi hatinya tetap di Batang Natal.

“Hati saya ada di Batang Natal. Namun, selaku putra daerah, saya bukan lagi milik Batang Natal, tetapi milik Mandailing Natal,” sebutnya.

Dahlan mengatakan saat ini dua Puskesmas di Wilayah Pantai Barat mendapatkan dana DAK untuk tahun ini dan dana itu nantinya digunakan dengan baik untuk membenahi puskesmas dan petugas yang bekerja.

Bupati juga menyinggung persoalan stunting, ia berharap perbaikan gizi menjadi salah satu solusi yang dipakai untuk menghapuskan stunting.

“Kita harus gaungkan kembali di puskesmas dan posyandu untuk pemberian gizi yang cukup, seluruh petugas puskesmas harus sosialisasikan ini,” papar Dahlan.

Dijelaskan Bupati, faktor lingkungan yang berperan dalam menyebabkan perawakan pendek antara lain status gizi ibu, tidak cukup protein dalam proporsi total asupan kalori, pola pemberian makan kepada anak, kebersihan lingkungan dan angka kejadian infeksi di awal kehidupan seorang anak.

Selain faktor lingkungam, jelas Bupati, juga dapat disebabkan faktor genetik dan hormonal, akan tetapi sebagian besar perawakan pendek disebabkan oleh malnutrisi.

“Jika gizi tidak dicukupi dengan baik, dampak yang ditimbulkan memiliki efek jangka pendek dan efek jangka panjang,” terangnya.

Untuk mencegah stunting, konsumsi protein sangat mempengaruhi pertambaham tinggi dan berat badan anak di atas 6 bulan. Anak yang mendapat asupan protein 15 persen dari total asupan kalori yang dibutuhlan terbukti memiliki badan yang lebih tinggi dibanding dengan anak dengan asupan protein 7,5 persen dari total asupan kalori.

Dalam acara itu, panitia juga membuat demo masak bagi ibu-ibu perwakilan dari 31 Desa.

Tim Redaksi StArtNews

 

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi